Hadiri HUT PGRI, Nadiem : Ratusan Guru Honorer Akan Diangkat Jadi PPPK

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 16:46 WIB
Menteri Nadiem Anwar Makarim (Istimewa)
Menteri Nadiem Anwar Makarim (Istimewa)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Semarang. Kabar gembira menyeruak di tengah puncak Peringatan HUT PGRI ke-77 di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu 3 Desember 2022. Lantaran pemerintah akan mengangkat 320 ribu guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 ini. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang berkisar 300 ribu guru.

Kepastian itu diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makariem di acara HUT PGRI 2022 itu.

Baca Juga: NU Dukung Menteri Nadiem Perangi Intoleransi, Bullying, dan Kekerasan Seksual di Dunia Pendidikan

"Walau ada berbagai ketidaksempurnaan, tahun lalu 300 ribu guru honorer sudah diangkat menjadi guru ASN/PPPK. Tahun 2022, 320 ribu guru honorer akan diangkat jadi PPPK," ujar Nadiem.

Menurutnya, pengangkatan guru honorer menjadi PPPK merupakan salah satu cara meningkatkan kesejahteraan guru meski masih banyak tantangannya.

Nadiem menyoroti banyak guru yang lulus seleksi berdasarkan standar kelulusan tapi tidak jadi PPPK karena formasinya terbatas.

"Kami dorong pemda untuk mengangkat guru yang sudah lolos seleksi untuk memenuhi kebutuhan formasi guru di daerah," ucapnya.

Baca Juga: Kementerian Pendidikan Dapat Alokasi Dana Rp 80 Triliun, Ini Peruntukkannya

Terkait masalah di atas, Nadiem memastikan pihaknya sudah menyiapkan rencana kebijakan bagi para guru PPPK tahun depan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X