Pelajar MAN 2 Banyumas Ubah Rangka Bekas Jadi Sepeda Listrik

- Sabtu, 26 November 2022 | 17:58 WIB
Faiz Khoirul Fuadi siswa MAN 2 Banyumas menaiki sepeda listrik buatannya/kemenag.
Faiz Khoirul Fuadi siswa MAN 2 Banyumas menaiki sepeda listrik buatannya/kemenag.

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Banyumas. Sikap hemat dapat memunculkan kreativitas seseorang. Salah satunya Faiz Khoirul Fuadi, siswa kelas XI MIPA 2 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banyumas.

Diniati untuk menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM), Faiz menciptakan sebuah terobosan. Dirinya berhasil modifikasi sepeda ontel bekas menjadi kendaraan bertenaga listrik.

Hal itu diungkapkan Faiz di laman kemenag dikutip pada Sabtu 26 November 2022.

Baca Juga: Bermodal Animasi Wayang, Siswi MAN 1 Kota Semarang Raih Silver Award di Kontes Robot Asia

"Ide ini berawal dari jauhnya jarak rumah saya ke madrasah. Kalau naik motor, jadi boros BBM. Maka saya berinisiatif membuat sepeda listrik yang lebih hemat energi dan tidak memerlukan BBM," ujar Faiz.

Lebih lanjut Faiz menjelaskan sepeda listrik buatannya berasal dari rangka sepeda bekas. Lantas dimodifikasi dengan penggerak memakai Dinamo bldc 350 watt yang ia beli dari informasi di facebook dalam kondisi bekas.

Adapun baterainya menggunakan 4 buah Accu kering yang biasa dipakai mesin sprayer untuk menyemprot tanaman padi. Accu kering dirangkai secara seri, dengan kontroler 48 volt.

"Sedangkan untuk mengisi ulang daya listrik, cukup menghubungkan charger ke stopkontak dengan lama pengisian 6 jam dan bisa untuk menempuh jarak 30 km, dengan kecepatan maksimal 35 km/jam," jelasnya.

Faiz mengaku bahwa sepeda listriknya telah dipakai selama satu tahun terakhir. Selain tidak memerlukan tenaga untuk mengayuh, sepedanya dapat menempuh jarak 25 km dari rumahnya ke madrasah yang berada di Desa Plana Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X