Teliti Sayap Lalat Berpotensi Jadi Obat Antikanker, Nabilah Juara II di Ajang Myres

- Minggu, 16 Oktober 2022 | 19:44 WIB
Nabilah, siswa MAN 2 Tasikmalaya / kemenag
Nabilah, siswa MAN 2 Tasikmalaya / kemenag

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Lalat dikenal sebagai serangga yang identik dengan kotoran sehingga terkesan menjijikkan. Namun siapa sangka di balik kesan itu, sayap lalat berpotensi menjadi obat antikanker.

Pasalnya dalam sayap itu terdapat senyawa aktif yang berpotensi dapat membatasi perkembangan kanker. Fakta itu terungkap dalam riset dengan metode GC-MS dan in silico dengan melalui molecular docking.

Riset itu dilakukan oleh Nabilah Husniyyah, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tasikmalaya.

Baca Juga: Siswa Madrasah Aliyah di Mataram Terima Beasiswa dari Kairo Mesir

Dia meneliti manfaat sayap lalat dalam riset berjudul 'Profiliing dan Docking Senyawa Kandidat Antikanker dari Sayap Kanan Lalat melalui Karakteristik GC-MS'.

Meski amatir, riset tersebut secara ilmiah bisa dipertanggungjawabkan.

Buktinya hasil penelitian itu berhasil meraih juara II Madrasah Young Reasercher Supercamp (Myres) 2022 untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) Bidang Matematika Sains Dan Pengembangan Teknologi.

Nabila menjelaskan, penelitian ini terinspirasi dari salah satu hadis tentang lalat.

Pesan dalam hadis itu : apabila seekor lalat hinggap di tempat minum salah seorang dari kalian, hendaknya ia mencelupkan ke dalam minuman tersebut kemudian membuangnya karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya terdapat penawarnya (H.R. Bukhari).

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X