Seleksi Guru ASN Status PPPK Boleh Diikuti Pelamar Umum. Ini Syaratnya

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 10:02 WIB
Ilustrasi guru PPPK. Foto: PGRI
Ilustrasi guru PPPK. Foto: PGRI

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Pemerintah berencana akan melakukan penerimaan guru dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2022. Tahun ini selain pelamar prioritas, seleksi guru PPPK juga diperuntukkan bagi pelamar umum.

Meski demikian pelamar umum diwajibkan sudah memiliki sertifikat pendidik yang diperoleh melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Hal itu dikemukakan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani dalam webinar Silaturahmi Merdeka Belajar di laman rri.co.id dikutip pada Minggu, 2 Oktober 2022.

Baca Juga: Sebanyak 497 Guru PPPK Kabupaten Jepara Terima SK. Ini Pesan Bupati Andi

"Skenario perekrutan guru yang akan datang, hanya dilakukan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) terutama untuk formasi pelamar umum. Jadi yang sudah memiliki sertifikat pendidik yang bisa mengikuti tes," kata Nunuk.

Terkait PPG, lanjut Nunuk, pemerintah melalui Kemendikbudristek sendiri telah membuka beasiswa PPG Prajabatan 2022 dengan kuota mencapai 40.000 orang.

"Selain mendapatkan beasiswa juga bisa ditempatkan sebagai ASN. Ini dalam rangka pemerintah mendukung kesejahteraan kepada guru," ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, dalam seleksi PPPK 2022, dibagi menjadi dua, yakni pelamar prioritas dan pelamar umum. Pelamar prioritas satu yakni para guru yang telah mengikuti seleksi PPPK pada 2021 memenuhi nilai ambang batas.

"Pemenuhan kebutuhan guru dari kategori pelamar prioritas satu dilakukan berdasarkan urutan yakni Tenaga Honorer Kategori (THK) II. Mereka yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK pada 2021," jelasnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X