Mahasantri TBS Kudus Jalani Wisuda Perdana Sebagai Ahli Astronomi

- Jumat, 16 September 2022 | 22:28 WIB
mahasantri TBS yang diwisuda sebagai ahli ilmu falaq / kemenag
mahasantri TBS yang diwisuda sebagai ahli ilmu falaq / kemenag

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kudus. Mahasantri angkatan pertama di Ma'had Aly li Ilmil Falak Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus mengikuti wisuda pada Kamis, 15 September 2022.

Para wisudawan yang berjumlah 12 orang itu dinyatakan lulus dan menguasai ilmu falak atau astronomi. Mereka merupakan peserta wisuda perdana TBS yang menguasai ilmu falak.

Predikat wisudawan terbaik diraih oleh Iseh Sulaiman Rois. Dia merupakan warga Desa Telukwetan, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara.

Baca Juga: 2 Perusahaan Startup Ciptakan Platform Digital Buat Petani dan Nelayan. Ini Manfaatnya

Prosesi wisuda diwarnai pula dengan pembaiatan yang dilakukan oleh Prof KH Ahmad Rofiq, dan doa ikhtitam dipimpin oleh ketua Dewan Pembina Yayasan TBS Kudus yang juga pengasuh Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus, KH M. Ulinnuha Arwani.

Diinformasikan bahwa konsentrasi studi itu termasuk disiplin ilmu yang tidak banyak dikuasai atau dikaji di Indonesia.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI (Kemenag) Waryono Abdul Ghofur mengatakan bahwa, para wisudawan termasuk yang paling beruntung. Sebab, mereka berkesempatan belajar di Ma’had Aly TBS yang dipenuhi oleh para ulama dan diwisuda oleh Kiai secara langsung.

Hadir dalam wisuda perdana ini, pengasuh Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an KH KH. M.Ulinnuha Arwani, Pengasuh Ponpes Musyiq Kudus KH. M. Arifin Fanani, Pengasuh Pesantren Asy Syakiriyah Lasem KH Hasan Fauzi, Guru besar UIN Walisongo Semarang Prof Dr H Ahmad Rofiq, Drs KH Hasan Bisyri.

Hadir juga masyayikh Madrasah TBS Kudus, antara lain: KH Ahmad Arwan, KH Ahmadi Abdul Fatah, KH Munfaat Abdul Djalil, dan Mudir Ma’had Aly TBS Kudus Dr. KH Ahmad Faiz Lc MA, serta beberapa pimpinan dari Kantor Wilayah Kemenag Jateng dan Kantor Kemenag Kabupaten.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X