Di Hadapan Mahasiswa UGM, Gubernur Ganjar Berjumpa Seorang Tunanetra Pembuat Filem

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:36 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo jadi pemateri dalam acara mahasiswa baru UGM / jatengprov.go.id
Gubernur Ganjar Pranowo jadi pemateri dalam acara mahasiswa baru UGM / jatengprov.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Yogyakarta. Universitas Gajah Mada (UGM) menggelar Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) yang diikuti semua mahasiswa baru pekan lalu. Dalam acara itu menghadirkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai pemateri.

Saat mengisi acara, Ganjar memanggil seorang penyandang disabilitas netra kreatif, yang diterima menjadi mahasiswa baru UGM tahun ini.

“Saya dengar ada mahasiswa tunanetra yang membuat film dan diterima di UGM, katanya di Fakultas Ilmu Budaya. Kalau ada di sini, boleh dong maju ke depan. Satu lagi ada yang, maaf, yatim piatu di sini. Kalau ada ikut maju juga,” ujarnya.

Baca Juga: Joko Anwar Ungkap Jumlah Penonton Filem Pengabdi Setan 2 Terkini

Seorang mahasiswi dari barisan belakang kemudian berdiri dan berjalan ke depan dibantu oleh mahasiswa lain sebelum dijemput oleh seorang dosen. Mahasiswi tersebut diketahui bernama Aulia Rachmi Kurnia. Setelah berkenalan, Aulia menceritakan karya film yang pernah dibuatnya.

“Saya Aulia Rachmi dari jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dulu ikut pelatihan kelas film, filmnya dikerjakan satu tim dengan judul ‘Seutas Asa’. Menceritakan tentang difabel netra perempuan yang berpacaran dengan orang nondifabel. Filmnya bisa ditonton di Youtube,” ujar Aulia.

Sementara satu mahasiswa lain yang maju adalah Yohanda. Mahasiswi Sekolah Vokasi asal Imogiri, Bantul itu, menceritakan pesan dari kedua orang tuanya semasa masih hidup.
“Waktu kecil dulu orang tua berpesan untuk kuliah, nggak peduli apa pun penting kuliah. Saya ingin jadi orang sukses dan ibadahnya tambah rajin. Selalu kirim doa dan yasin kepada orang tua,” ujarnya.

Setelah berdialog dengan dua mahasiswi spesial tersebut, Ganjar kemudian memberikan hadiah. Aulia diberikan satu unit laptop untuk menunjang perkuliahan dan lebih serius dalam menggarap film. Sementara, Yohanda mendapat sepeda yang baru dipakai Ganjar menuju lokasi.

Baca Juga: Pemeluk Hindu Raih Magister Pendidikan Islam. Bersanding dengan Para Ustadz

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X