Pemeluk Hindu Raih Magister Pendidikan Islam. Bersanding dengan Para Ustadz

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:06 WIB
Ni Ketut Mayoni, pemeluk Hindu meraih Magister Pendidikan Islam / kemenag
Ni Ketut Mayoni, pemeluk Hindu meraih Magister Pendidikan Islam / kemenag

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Mataram. Menempuh pendidikan tinggi keagamaan Islam tidak harus dilakoni pemeluknya. Selain muslim juga diperbolehkan mendalami pendidikan keagamaan Islam. Seperti yang nampak di acara Wisuda ke-43 UIN Mataram akhir bulan lalu.

Salah wisudawannya yakni seorang pemeluk Hindu. Wisudawati bernama Ni Ketut Mayoni berhasil meraih gelar magister pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Dikutip dari laman kemenag pada Minggu, 7 Agustus 2022, Rektor UIN Mataram Masnun Tahir mengungkapkan Ni Ketut Mayoni diwisuda bersama para ustadz (guru agama Islam).

“Saya amat mengapresiasi semangat belajar Ni Ketut Mayoni meski menjadi satu satu-satunya mahasiswa pascasarjana yang duduk bersanding dengan para ustaz namun tak membuatnya minder,” ujar Marnun Tahur.

Baca Juga: Diajak Presiden Jokowi ke CFD, Jan Ethes Lakukan Ini Kepada Warga

Dikatakan Masnun, core value dari UIN Mataram adalah cendekia, terbuka dan unggul, sehingga siapapun punya kesempatan yang sama untuk belajar.

"Ini juga sejalan dengan komitmen Gus Men yang terus-menerus memberikan atensi dan intensi tentang moderasi beragama. Kampus UIN harus menjadi agen moderasi beragama," katanya.

Ia menambahkan nilai-nilai moderasi beragama ini tidak sekadar menjadi komitmen qauly (perkataan), tetapi juga menjadi komitmen fi'liy (laku social) serta komitmen manhajiy (pola pikir).

Sementara di kesempatan berbeda Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kurikulum UIN Mataram, Adi Fadli, menyebutkan bahwa lembaganya secara spirit sudah sepakat membangun jembatan ilmu pengetahuan yang interdisipliner serta interaktif dengan segala wawasan keilmuan yang lain.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X