Siswa Madrasah Aliyah di Mataram Terima Beasiswa dari Kairo Mesir

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:29 WIB

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Mataram. Banyak siswa madrasah aliyah yang memiliki pretasi cemerlang dan diakui lembaga pendidikan dunia. Salah satunya Muhammad Faishal HR, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram.

Baru-baru ini, dia dinyatakan lulus seleksi dan mendapat beasiswa kuliah di Mesir-Kairo. Kepastian kelulusan tersebut disampaikan Kedutaan Mesir melalui email pada 28 Juli 2022.

Baca Juga: Siswa Madrasah Aliyah Lolos Seleksi University of British Columbia dan NTU, Ini Profilnya

Bermodal beasiswa tersebut Muhammad Faishal HR akan mempelajari Syariah di Universitas Al Azhar Kairo. Hal itu disampaikan Faishal dikutip dari laman kemenag pada Rabu, 3 Juli 2022.

“Saya rencana akan mengambil jurusan Syari’ah. Sebab, masyarakat selalu membutuhkan pemahaman Fiqh yang baik. Sehingga, dibutuhkan ahli yang menguasai bidang tersebut,” tutur Faishal

Menurut Kepala MAN 2 Mataram Lalu Syauki, selama di MAN 2 Mataram Faisah memiliki kemampuan belajar yang cemerlang. Dia piawai berbahasa Arab, bahasa Inggris, dan membaca Kitab Kuning.

Selain itu putra kedua dari pasangan Bapak Dr. H. Habiburrahman, M.Pd. dan Ibu Hj. Sri Hidayati, S.Ag ini dikenal ramah, murah senyum, dan hormat kepada guru-gurunya.

Kemampuan berkomunikasi Bahasa Arab dan membaca Kitab Kuning diperoleh dengan belajar ke sejumlah tuan guru. Maklum, Faishal tumbuh di lingkungan pesantren yang dikelola kakeknya, TGH. Musleh Ibrahim. Sehingga, kemampuan Bahasa Arab dan membaca Kitab Kuning terasah sejak dini.

Faishal juga seorang penghafal Al-Qur’an atau hafiz. Selama di MANPK MAN 2 Mataram, ia rajin muraja’ah kepada ustaz-ustazahnya. Dia mengaku sejak kecil bercita-cita melanjutkan pendidikan ke Universitas Al-Azhar Kairo Mesir.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X