2.000 Guru Madrasah dan Ponpes Akan Mendapat Beasiswa S1. Bersumber dari LPDP

- Senin, 18 Juli 2022 | 17:47 WIB
ilustrasi : Madrasah Aliyah
ilustrasi : Madrasah Aliyah

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Malang. Para guru madrasah, pondok pesantren, dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah akan mendapatkan beasiswa dari Kementerian Agama (Kemenag).

Periode kali ini beasiswa akan diberikan kepada 2.000 orang. Program beasiswa tersebut merupakan hasil kerja sama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Hal itu diungkapkan Plh. Dirjen Pendidikan Islam, Amin Suyitno, saat memberikan pengarahan pada Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam (PJJ PAI) di Malang, Jumat 16 Juli 2022.

Baca Juga: Ribuan Mahasiswa dari 73 Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia Mengikuti KKN Kebangsaan

Menurutnya, bantuan pendidikan yang akan diberikan adalah beasiswa Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam atau PJJ PAI. Tujuannya, untuk meningkatkan kualifikasi akademik bagi guru madrasah, guru PAI di sekolah, guru pada madrasah diniyah dan pondok pesantren yang belum S1.

Suyitno menjelaskan bahwa berdasarkan data base guru dalam Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag (Simpatika), masih ada 3.912 guru madrasah pengampu mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) yang harus ditingkatkan kualifikasi akademiknya.

“Sementara guru PAI di sekolah menurut data Sistem Informasi Administrasi Guru Agama (Siaga), jumlah guru PAI di sekolah yang kualifikasi akademiknya belum S1 mencapai 14.695 orang,” jelasnya. 

Suyitno menegaskan, melalui program PJJ PAI yang diselenggarakan IAIN Cirebon, diharapkan para guru dapat memanfaatkan peluang beasiswa ini sebaik-baiknya. Sehingga, mereka memiliki peluang untuk menjadi guru professional dan memperoleh sertifikat pendidik.

Baca Juga: MTs Walisongo Ulujami Selenggarakan Kelas Unggulan Tahfidz Al Quran dan Bahasa Inggris

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X