Para Guru Honorer SMA SMK di Lampung Tidak Mendapat Insentif Selama 6 Bulan

- Jumat, 18 Februari 2022 | 23:18 WIB
Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung Budhi Condrowati / gesuri.id
Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung Budhi Condrowati / gesuri.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Lampung. Insentif para guru SMA dan SMK honorer di Provinsi Lampung selama semester genap tahun 2021 tidak  cair. Pemicunya Pemprov Lampung tidak ada anggaran untuk insentif para guru honorer tersebut karena adanya recofusing anggaran. Kemudian, untuk tahun 2022 juga tidak dianggarkan insentif di semester genap. Pada tahun ini mereka hanya mendapatkan insentif di semester ganjil.

Baca Juga: Sebanyak 807 Guru Honorer Minta Segera Diangkat Menjadi PPPK, Ini Alasannya

Situasi itu menjadi atensi Anggota Komisi V DPRD Provinsi Lampung Budhi Condrowati. Dia mengetahui bahwa insentif tidak cair akibat refocusing untuk penanganan Covid-19.

"Insentif guru honor SMA dan SMK 2021 untuk semester genap memang tidak ada di anggaran karena kena recofusing," kata Budhi Condrowati, awal pekan ini.

Kendati demikian, Budhi Condrowati meminta kepada Disdikbud Provinsi Lampung, BPKAD dan Bappeda Lampung agar insentif guru honorer dimasukkan ke dalam APBD perubahan agar puluhan guru mendapatkan hak dan kewajibannya.

"Hanya dibayarkan di semester ganjil saja. Jumlah guru honorer dari tadinya 6.000 orang, sekarang sudah mencapai 6.816 guru honorer. Dengan insentif yang dari tadinya Rp204.000 per orang sekarang menjadi Rp210.000 per orang," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengingatkan agar Pemprov memikirkan insentif bagi para guru honorer tersebut karena mereka sudah berkontribusi dalam pendidikan sebagai pengajar.

"Kan kasian guru honorer cuma dapat gaji (insentif) 6 bulan saja. Yang 6 bulannya kemana, kasian kita, prihatin lah. Komisi V akan berjuang agar semester genap tahun ini insentif untuk guru honorer di anggarkan di perubahan," ucap Budhi.

Baca Juga: Gelar Pahlawan Tanpa Tanda Jasa untuk Guru Sudah Tidak Relevan

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X