Pentingnya Kecerdasan Spiritual Ditanamkan kepada Anak Usia Dini

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 18:00 WIB
ilustrasi (tresia istiqomah)
ilustrasi (tresia istiqomah)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Dalam kacamata Islam, kecerdasan spiritual dapat diartikan sebagai kecerdasan qolbiyah atau kecerdasan yang berpusat pada hati nurani manusia. Kecerdasan spiritual sendiri hadir sebagai penyeimbang antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional.

Baca Juga: Hari Santri Nasional : Tantangan Pondok Pesantren di Era Digitalisasi, Begini Dawuh Gus Ubed

Seseorang yang memiliki kecerdasan intelektual akan digandrungi banyak orang. Masyarakat luar akan berspekulasi bahwa orang-orang dengan tingkat kecerdasan intelektual tinggi akan mudah dalam mencapai kesuksesan hidup.

Begitupun seseorang yang memiliki kecerdasan emosional, banyak orang-orang yang dekat dengannya karena pandai bersosialitas membangun hubungan yang harmonis dengan individu lainnya.

Menariknya, tak jarang orang yang memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional mengalami kegagalan dalam menata hidupnya. Pasalnya dia tidak mememiliki kecerdasan spiritual atau bisa disebut spiritual intelligence.

Betapa banyak orang-orang cerdas diluar sana yang memilih untuk mengakhiri hidupnya akibat tidak mampu menerima sebuah kegagalan. Banyak orang-orang yang jatuh mentalnya hanya karna segelintir caci makian.

Seseorang yang cerdas secara intelektual maupun emosional namun minim spiritual, akan berujung pada rasa cemas yang berlebihan, takut akan kegagalan dan cenderung sulit membuka diri.

Baca Juga: Kebupaten Pemalang Selenggarakan Kompetisi E-Sport bagi Siswa SMP dan Umum

Dalam mengatasi hal tersebut, maka perlunya menanamkan kecerdasan spiritual agar memiliki keteguhan, kekuatan sekaligus ketenangan hati.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X