Pameran Arsitektur UPGRIS Mengingatkan Kepada Para Arsitek Agar Membangun Gedung yang Ramah Lingkungan

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 11:10 WIB
ilustrasi pemanasan globa (pixabay)
ilustrasi pemanasan globa (pixabay)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Semarang. Arsitek seharusnya memiliki kepedulian tinggi pada climate change (baca perubahan iklim) yang melanda bumi dewasa ini.Untuk itu menjadi keniscayaan para arsitektur merancang produk bangunan yang green building (baca gedung ramah lingkungan).

Dikutip dari //wawasan.co/news/detail/18156/kampanyekan-arsitektur-berwawasan-ramah-lingkungan, diberitakan Ketua Program Studi Arsitektur Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Baju Arie Wibawa ST MT mengingatkan peran penting arsitek untuk mengurangi pemanasan global. Pendapat itu disampaikannya dalam Pameran Produk Studio Tugas Akhir Mahasiswa Arsitektur. Acara yang berlangsung di Kampus UPGRIS itu merupakan agenda tahunan. Dalam Pameran itu, memamerkan karya terbaik mahasiswa UPGRIS lulusan tahun 2020 dan 2021 yang berlangsung sampai 5 Oktober 2021.Lebih lanjut Wibawa menyampaikan, pemanasan global akibat climate chance berkait erat dengan peran para arsitek.

“Arsitektur punya dosa terbesar karena punya peran menghasilkan C02 paling gede dibanding yang lainnya. Makanya, ini jadi isu global," ujar Wibawa.

Wibawa juga menjelaskan, dunia arsitektur harus sigap menghadapi peristiwa yang berhadapan langsung dengan bidangnya. Langkah kongkritya yang harus ditempuh oleh mahasiswa arsitektur ialah dengan menciptakan gedung-gedung dengan konsep ramah lingkungan. Gedung yang ramah lingkungan ini diperkirakan menghemat sampai 60 persen pemanasan global. Dan ruangan dengan konsep gedung ramah lingkungan itu akan nyaman untuk ditinggali.

Sementara itu di tempat yang sama, Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum, menyampaikan ucapan selamat serta apresiasi terhadap karya-karya mahasiswa arsitektur ini.

“Hasilnya sangat luar biasa dan menginspirasi berbagai daerah untuk mengembangkan daerahnya” puji Muhdi. Muhdi menyoroti berbagai maket gedung yang ramah lingkungan serta mengutamakan ruang terbuka hijau di setiap elemennya. (Tina) ***


disadur dari https://wawasan.co/news/detail/18156/kampanyekan-arsitektur-berwawasan-ramah-lingkungan

Editor: Haryoto Bramantyo

Tags

Terkini

X