Tekan Angka Inflasi, BI dan Pemkab Batang Gelar Operasi Pasar Murah

- Rabu, 30 November 2022 | 22:57 WIB
BI dan Pemkab Batang gelar Operasi Pasar Murah / batangkab.go.id
BI dan Pemkab Batang gelar Operasi Pasar Murah / batangkab.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang bersama Bank Indonesia (BI) Tegal menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di Pendopo Kabupaten Batang pada Rabu 30 November 2022. Pasar murah itu menjual 1.000 paket sembako dengan harga sangat terjangkau.

Menurut Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, Operasi Pasar Murah digelar untuk mengendalikan laju inflasi khususnya di Kabupaten Batang.

Baca Juga: Mengulik Bakso Goreng Olahan Hamidah di Gelar Karya SMK Negeri 1 Batang

Lebih lanjut Lani Dwi menjelaskan, paket sembako yang dijualnya telah mendapatkan subsidi sehingga dibanderol lebih murah daripada harga pasaran.

“Kerjasama Pemkab Batang bersama Bank Indonesia Tegal dan Bulog Cabang Pekalongan berkolaborasi untuk menyediakan bahan pangan pokok bagi masyarakat yang tentunya harganya di subsidi dari harga pasar,” jelasnya.

Operasi Pasar Murah kali ini, kata Lani Dwi, diperuntukkan untuk masyarakat di sekitar kantor Kabupaten Batang yang kurang mampu yakni Kauman dan Kertonegaran. Lantas dia berharap, BI bersama Pemkab Batang bisa menggelar operasi pasar murah lagi untuk masyarakat di lokasi lainnya.

Sebagai informasi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) inflasi di Jawa Tengah mencapai 6,4 persen. Angka itu lebih tinggi dibanding inflasi nasional yang berkisar 5,9 persen.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksanaan Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif dan Syariah (UPPUKIS) BI Tegal Liana Ciptowati menyampaikan, Bank Indonesia melakukan operasi pasar murah dimulai sejak bulan Agustus. Meski sudah dilakukan operasi pasar, dia mengakui angka inflasi bulan September masih cukup tinggi yakni 7,18 persen.

Baca Juga: Atasi Rob di Batang, Sawah Bengkok Diubah Jadi Tambak Ikan Kerapu

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X