10 Desa di Kabupaten Pekalongan Dideklarasikan Sebagai Gong Ceting

- Selasa, 29 November 2022 | 23:06 WIB
deklarasi Desa Gotong Royong Cegah Stunting (Gong Ceting) Kabupaten Pekalongan/pekalongankab.go.id
deklarasi Desa Gotong Royong Cegah Stunting (Gong Ceting) Kabupaten Pekalongan/pekalongankab.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kajen. Sebanyak 10 desa di Kabupaten Pekalongan dideklarasikan sebagai Desa Gotong Royong Cegah Stunting (Gong Ceting). Pendeklarasian itu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan di Desa Karanggondang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan, Minggu 27 November 2022.

Kesepuluh desa itu antara lain Desa Kebonsari Kecamatan Karangdadap, Desa Jeruksari Kecamatan Tirto, Desa Watusalam Kecamatan Buaran, Desa Srinahan Kecamatan Kesesi, Desa Kutorejo Kecamatan Kajen, Desa Salakbrojo Kecamatan Kedungwuni, Desa Legokgunung Kecamatan Wonopringgo, Desa Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono, Desa Luragung Kecamatan Kandangserang, dan Desa Winduaji Kecamatan Paninggaran.

Dalam acara itu disajikan 1000 Si Porsi Cegah Stunting (Si Ceting) dalam rangka pencatatan rekor MURI berupa penyajian 14.000 Si Ceting se-Jawa Tengah.

Baca Juga: Kota Pekalongan Gelar Pekan Kreatif Nusantara 2022. Catat Tanggalnya

Deklarasi desa Gong Ceting ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar SSos MSi kepada para kepala desa Gong Ceting, serta kepada 14 anggota Bapak Kawal Air dan Sanitasi Layak (Pakwalisanak) Kabupaten Pekalongan. Juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada para Duta Remaja Gong Ceting Kabupaten Pekalongan.

Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar SSos MSi mengatakan Deklarasi Desa Gong Ceting sebagai upaya pencegahan stunting di Kabupaten Pekalongan.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa stunting ini masih menjadi isu strategis dan termasuk permasalahan serius bagi Pemerintah Indonesia termasuk juga di Kabupaten Pekalongan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yulian mengatakan kegiatan tersebut merupakan langkah nyata yang dilakukan pemerintah daerah untuk menurunkan stunting melalui kolaborasi pentahelik.

“Ini adalah langkah nyata yang pemerintah lakukan melalui kolaborasi pentahelik. Hari ini kita menggandeng Universitas Jenderal Soedirman (Unseod) dan alhamdulillah berbagai kegiatan telah dilakukan dan sudah berlangsung selama hampir 2 bulan,” ujar Yulian.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X