Kota Pekalongan Gelar Lomba Olahraga Berbasis Permainan Tradisional

- Kamis, 24 November 2022 | 23:50 WIB
lomba engrang tingkat pelajar di Kota Pekalongan/pekalongankota.go.id
lomba engrang tingkat pelajar di Kota Pekalongan/pekalongankota.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kota. Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga (Dinparbudpora) Pekalongan bekerjasama dengan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) menggelar Festival Olahraga Kreasi tingkat pelajar se-Kota Pekalongan. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Selasa 22 November 2022 itu terdiri atas lomba egrang perorangan dan bakiak beregu.

Para peserta lomba berasal dari siswa SD, SMP, dan SMA sederajat yang berada di Kota Pekalongan.

Baca Juga: Warga Desa Silurah di Kabupaten Batang Gelar Tradisi Nyadran Gunung

Pelatih Olahraga Muda pada Dinparbudpora Kota Pekalongan, Endro Triyatmo mengatakan selain mendukung pembinaan para atlet olahraga prestasi, lomba itu untuk menggiatkan beberapa perlombaan permainan tradisional seperti bakiak, egrang, jemparingan atau panahan tradisional dan sebagainya.

“Kami sampaikan bahwa, sejak kemarin ada Program untuk Penyelenggaraan Festival Olahraga Kreasi untuk pelajar Kota Pekalongan , yang pertama kemarin ada sosialisasi dan lomba jemparingan, yakni panahan tradisional. Dilanjutkan, hari ini kami menggelar lomba olahraga kreasi yakni egrang dan bakiak untuk anak-anak SD, SMP, SMA sederajat di Kota Pekalongan,” ucap Endro.

Menurutnya, di tahun 2022 ini, selain menggelar lomba olahraga prestasi tingkat pelajar, pihaknya juga menggelar perlombaan olahraga kreasi yang saat ini tidak dimainkan oleh anak-anak sekolah.

“Alhamdulillah, peserta antusias mengikuti perlombaan ini yang kemungkinan mereka biasanya hanya memainkan perlombaan olahraga tradisional ini di kegiatan pesta siaga atau pramuka, sehingga melalui festival ini, kami fasilitasi olahraga kreasi pelajar yang dimaksudkan untuk menggiatkan kembali olahraga kreasi dan olahraga tradisional kepada pelajar,” paparnya.

Baca Juga: Tolak Pasang Rambu Larangan Truk di Pasar Banyurip, Ini Alasan Dishub

Sementara itu, Ketua Harian KORMI Kota Pekalongan, Nur Khawi mengatakan animo pelajar yang mengikuti lomba terbilang baik.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankota.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X