Angka Stunting Anak di Kabupaten Batang Alami Sedikit Penurunan

- Minggu, 13 November 2022 | 23:16 WIB
Pj Bupati Lani Dwi Rejeki ungkap penurunan angka stunting di Batang/batangkab.go.id
Pj Bupati Lani Dwi Rejeki ungkap penurunan angka stunting di Batang/batangkab.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Angka stunting anak di Kabupaten Batang mengalami penurunan. Berdasarkan Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat pada 2021 angka stunting mencapai 14,6 persen lalu turun 1,6 persen pada 2022 menjadi 13 persen.

Informasi itu disampaikan Penjabat atau Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 dengan tema "Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku" pada Jumat, 11 November 2022.

“Meskipun penurunannya sedikit, tetapi ini modal yang baik pemerintah daerah untuk terus mengupayakan penanganan stunting di Kabupaten Batang,” ujar Lani.

Baca Juga: Kacang Tanah dari Batang Jadi Bahan Baku Produk Olahan untuk Ekspor

Lebih jaih Lani mengatakan bahwa angka itu terhitung per bulan November 2022 dan pihaknya berupaya terus menurunkan agar jumlah anak stunting di Batang berkurang.

Dia menjelaskan stunting merupakan kondisi gagal tumbuh bayi akibat akumulasi ketidakcukupan zat gizi yang berlangsung lama dari kehamilan sampai usia 24 bulan.

“Perhitungan stunting sendiri dilakukan dengan dua survei yang pertama dari Study Survei Gizi Indonesia yang dilakukan oleh Kemenkes, Badan Pusat Statistik (BPS) dan kedua dari Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat yang dilakukan oleh bidan,” jelasnya.

Hasilnya sendiri, kata Lani, dari Study Survei Gizi Indonesia pada tahun 2021 tercatat penderita Stunting 21,7% dan hingga akhir tahun 2022 masih dalam proses perhitungan.

Baca Juga: Angka Stunting di Kabupaten Batang Masih Tinggi. Pj Bupati Bentuk Tim

Saat ini, lanjut Lani, berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Batang dengan seluruh jajarannya dan bekerja sama dengan seluruh Stakeholder terkait.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X