Kacang Tanah dari Batang Jadi Bahan Baku Produk Olahan untuk Ekspor

- Kamis, 10 November 2022 | 23:48 WIB
sosialisasi kemitraan petani kacang tanah di Batang dengan perusahaan eksportir/batangkab.go.id
sosialisasi kemitraan petani kacang tanah di Batang dengan perusahaan eksportir/batangkab.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Kacang tanah dari petani Desa Menjangan Kecamatan Subah akan diserap PT Guna Nusa Era Mandiri, eksportir produk kacang olahan. Hal itu dilakukan dengan pola kemitraan antara petani dengan pihak PT Guna Nusa Era Mandiri selaku eksportir. Keuntungannya, petani akan mendapatkan jaminan pasar dan kepastian harga.

Informasi itu mengemuka dalam Pertemuan Kemitraan Kacang Tanah, di Desa Menjangan, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Rabu 9 November 2022.

Baca Juga: Bertemu Bos ADB, Presiden Jokowi Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi ASEAN

Manajer Farming PT Guna Nusa Era Mandiri, Chandra Kristianto menyampaikan, alasan terbesar dipilihnya petani di lokal karena ingin ikut berpartisipasi dalam menyejahterakan petani lokal.

“Kami tertarik kepada petani lokal karena ingin memberdayakan mereka, sehingga lebih sejahtera,” katanya.

Menurut Chandra, selama ini pihaknya memilih produk mentah impor untuk memproduksi kacang olahan. Lantas, terbetik ide untuk memperhatikan kacang tanah dari para petani lokal, untuk diolah menjadi produk yang berkualitas sehingga bisa memenuhi pasar ekspor dengan harga yang bersaing. 

Lebih lanjut Chandra menargetkan pihaknya menyerap kacang tanah dari petani Batang 20 ton perhari.

“Dalam setahun ada 7 ribu ton kacang yang kami olah jadi produk siap konsumsi. Jika memungkinkan kami menargetkan 20 ton per hari dari petani Batang,” ujar Chandra.

Baca Juga: PT Kereta Cepat Indonesia China Minta Tambahan Modal Rp 3,2 T. Begini Respon Anggota DPR

Menurutnya, target itu masih 20 persen dari kebutuhan PT Guna Nusa Era Mandiri. Sebab selama ini, imbuh Chandra, pihaknya menampung total pasokan kacang siap olah sebanyak 100 ton per hari.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X