Situs Candi Bata di Kawasan Industri Terpadu Batang Ditimbun Tanah

- Selasa, 1 November 2022 | 23:22 WIB
Papan nama situs Candi Bata di KIT Batang/batangkab.go.id
Papan nama situs Candi Bata di KIT Batang/batangkab.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Candi Bata peninggalan abad 7 yang berada di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) kembali ditimbun tanah. Tujuannya untuk melindungi material Candi Bata itu dari kerusakan dan hilang.

Langkah di atas menuai dukungan dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah X Jateng-DIY saat meninjau situs Candi Bata pada Senin, 1 November 2022.

Perlu diinformasikan BPK merupakan nama baru dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB). Pihak BPK mengunjungi situs Candi Bata yang berada di di Desa Sawangan, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah untuk melakukan upaya pelestarian.

Baca Juga: Polres Bekasi Kota Tak Ijinkan Konser Musik di Lapangan Terbuka

Pamong Budaya Ahli Muda dari BPK Wilayah X, Wahyu Broto mengatakan bahwa dari sisi pelestarian, penguburan kembali candi merupakan hal yang tepat. Sebab, ketika terpendam dalam tanah, maka candi masih tereservasi atau terawetkan dalam tanah.

“Jika dilihat kondisi candi bata dalam kondisi terkubur tanah. Hal ini dilakukan oleh pemerintah daerah agar tetap aman dari masyarakat sekitar,” ujar Wahyu.

Menurutnya, situs candi yang tertutup tanah dan banyak tumbuh tanaman serabut tidak masalah asal tidak ada akar rumput tebal yang menghujam ke dalam tanah karena bisa menghancurkan struktur candi.

Baca Juga: Candi Bata Abad 7 Masehi Ditemukan di Kawasan Industri Terpadu Batang

Lebih jauh Wahyu mengatakan kehadirannya di Candi Bata untuk membuat rumusan perlindungan situs. Sembari menunggu langkah lanjutan, penimbunan candi merupakan langkah terbaik

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X