Telan Rp2,9 Miliar, Pembangunan Stasiun Pompa Ditarget Rampung Akhir Tahun

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 23:01 WIB
Pembangunan Stasiun Pompa Tirto Bremi Barat (Kampung Baru) Kota Pekalongan terkini/pekalongankota.go.id
Pembangunan Stasiun Pompa Tirto Bremi Barat (Kampung Baru) Kota Pekalongan terkini/pekalongankota.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kota. Pembangunan Stasiun Pompa Tirto Bremi Barat (Kampung Baru) Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan sedang dikebut. Ditargetkan proyek itu selesai pada akhir tahun 2022 atau selama 150 hari pengerjaan.

Hal itu disampaikan Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE dikutip dari laman pekalongankota.go.id pada Minggu 30 Oktober 2022.

Saat meninjau lokasi proyek, Afzan mengatakan pembangunan stasiun pompa bertujuan untuk menangani banjir rob atau genangan di Wilayah Tirto terutama kampung baru ini dan sekitarnya.

Baca Juga: Lewat Media Sosial, Dua Kelompok Remaja Janjian untuk Tawuran

Senada dengannya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan, Bambang Sugiharto SE MM menyebut jika pembangunan stasiun pompa selesai, harapannya dapat menangani genangan sebelah Selatan CPM Tirto atau Wilayah Kampung Baru ini.

"Kemudian kapasitas kali Bremi juga harus ditingkatkan lagi. Namun yang menjadi masalah yakni kali Bremi menjadi kewenangan pemerintah Provinsi Jawa Tengah," kata Bambang.

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan DPUPR Kota Pekalongan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jateng terkait pemeliharan Kali Bremi.

"Sehingga dengan ini sistem drainase kota dan kali Bremi dapat tertangani untuk mengatasi genangan banjir di Wilayah Tirto," ucap Bambang.

Baca Juga: 104 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung. Baguna Pasuruan Turun Tangan

Kemudian Bambang menyebut di stasiun pompa Tirto Bremi ini akan ditempatkan dua pompa. Satu pompa berkapasitas 125 liter³ per detik dan satu lagi berkapasitas 300 liter³ per detik.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankota.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X