Kendalikan Inflasi, Pemprov Jateng Gelar Bazar Pangan Murah di Batang

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 23:28 WIB
Pemprov Jateng gelar Bazar Murah di Batang / batangkab.go.id
Pemprov Jateng gelar Bazar Murah di Batang / batangkab.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Jawa Tengah menggelar Bazar Pangan Murah di Pendapa Kelurahan Karangasem Utara, Kabupaten Batang. Langkah itu dilakukan untuk mengendalikan inflasi Jateng yang mencapai 6 persen.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah Dyah Lukisari mengungkapkan bazar pangan murah digelar di Batang lantaran daerah itu juga bisa mempengaruhi inflasi.

“Sebenarnya titik pantau inflasi yang cukup tinggi di Jawa Tengah ada di Kudus dan Semarang. Namun demikian, Batang juga bisa mempengaruhi titik pusat pantauan, andai kata di sini terjadi gejolak,” kata Dyah saat meninjau Bazar Pangan Murah Sabtu 29 Oktober 2022.

Baca Juga: 104 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung. Baguna Pasuruan Turun Tangan

Lebih lanjut Dyah mengatakan prioritas bazar murah digelar di daerah-daerah dengan masyarakat yang lebih membutuhkan.

“Salah satunya Karangasem Utara yang mayoritas warganya bermata pencaharian nelayan. Semoga ini bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Dyah.

Diketahui bazar pangan murah tersebut menyediakan bahan pangan yang dibanderol dengan harga di bawah harga pasar. Di antaranya beras Rp47.000/5 kg, gula Rp12.500/kg, bawang putih Rp20.000/kg, minyak goreng Rp12.500/liter, telur Rp23.000/kg, bawang merah Rp28.000/kg dan cabai merah keriting Rp25.000/kg.

Tak hanya itu, kegiatan bazar murah juga dilengkap pembagian paket sembako gratis bagi 500 warga kurang mampu yang sebelumnya belum pernah divaksinasi.

“Paket tersebut berisi bawang merah 0,75 kg, cabai merah keriting 0,5 kg dan beras 4 kg. Tapi sebelumnya harus divaksin Covid-19 dulu, mengingat capaian vaksin baru 30 persen,” ujar Dyah.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X