Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pelajar Arak Bendera Super Panjang

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 19:29 WIB
Peringati Hari Kesaktian Pancasila para pelajar membentangkan dan mengarak bendera yang penjangnya 200 meter / batangkab.go.id
Peringati Hari Kesaktian Pancasila para pelajar membentangkan dan mengarak bendera yang penjangnya 200 meter / batangkab.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Gabungan organisasi masyarakat (ormas) dan pelajar di Batang membawa bentangan bendera Merah Putih yang berukuran 200 meter.

Arak-arakan itu digelar untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Nampak di barisan depan para pelajar SMA dan SMP memegangi tepi atas dan bawah bendera. Di kanan kiri bendera super panjang itu perlahan mereka mengarak bendera dengan hikmat. 

Kegiatan dimulai dari halaman Pendopo Kabupaten Batang menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Pejabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan arak-arakan merah putih bertujuan menanamkan nilai pancasila bagi masyarakat.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar generasi muda di Kabupaten Batang dapat kembali memahami dan menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila dalam setiap kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata Lani usai upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Lebih lanjut Lani menjelaskan salah satu makna membawa bendera Merah Putih sepanjang 200 meter yakni berkibarnya merah putih dari Sabang sampai Merauke buah dari proses yang panjang.

“Seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, acara hari ini sebenarnya adalah upaya kita semua untuk selalu menjaga semangat persatuan dan kesatuan, sebagai modal dasar dan modal utama kita untuk menghadapi berbagai macam tantangan bangsa,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X