Optimalkan Pekarangan, 4 Kelompok Warga di Pekalongan Kembangkan Hidroponik

- Rabu, 28 September 2022 | 22:27 WIB
Program pemanfaatan pekarangan dengan tanaman hidroponik
Program pemanfaatan pekarangan dengan tanaman hidroponik

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kota. Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan menggelar pelatihan Pekarangan Pangan lestari (P2L) tahap penumbuhan bagi 4 kelompok warga. Dalam pelatihan yang digelar Senin, 26 September 2022 itu peserta diajarkan budidaya hidroponik.

Menurut Kabid Ketahanan Pangan Dinperpa Amri Chusniyati, kelompok warga yang menjadi peserta pelatihan itu sebelumnya mendapat bantuan sebesar 25 juta. Bantuan itu diperuntukkan membuat rumah bibit dan sarana pendukung untuk produksi bibit sayuran.

Baca Juga: Genjot Produksi Kedelai, Pj Bupati Batang Dorong Petani Tanam Kedelai Edamame

Kemudian mereka akan mendapat bantuan lagi (tahap 2) sebesar Rp 25 juta. Namun penyalurannya berdasarkan pelaporan progres dan hasil yang telah dilaksanakan masing-masing kelompok.

Adapun 4 kelompok tersebut antara lain kelompok KRPL palasari medono, subur barokah Podosugih, dan sejahtera Pasir Kraton Kramat (kecamatan Pekalongan Barat) dan KRPL Subur jaya Setono (Kecamatan Pekalongan Timur).

Keempat kelompok itu tercatat mendapat alokasi bantuan Rp 50 juta yang diberikan dalam dua tahap.

“Sejumlah bantuan berasal dari DAK 50 juta dibagi menjadi 2 tahap yaitu penumbuhan dan pengembangan. Tahap 1 sudah kita berikan selanjutnya tahap 2 akan turun apabila kami sudah menerima laporan hasil dari KRPL kemudian kita tindak lanjutkan ke pusat,” kata Amri.

Amri mengatakan kegiatan P2L ini bertujuan tercapainya ketersediaan aksesibilitas dan pemanfaatan pangan bagi rumah tangga dan peningkatan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar.

“Melalui bantuan ini masyarakat diberikan kesempatan untuk meningkatkan penyediaan pangan dan pendapatan rumah tangga melalui sejumlah kelompok yang terpilih tadi, kami berharap masyarakat di sekitar kelompok KRPL bisa memperoleh manfaat dari bantuan yang kami salurkan ini,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankota.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X