Genjot Produksi Kedelai, Pj Bupati Batang Dorong Petani Tanam Kedelai Edamame

- Senin, 26 September 2022 | 23:34 WIB
Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki bersama Forkopinda menanam perdana di demplot kedelai edamame Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar. (AyoSemarang/ Muslihun - Kontributor Batang)
Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki bersama Forkopinda menanam perdana di demplot kedelai edamame Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar. (AyoSemarang/ Muslihun - Kontributor Batang)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang menggerakan program menanam kedelai varietas edamame. Program itu ditandai dengan penanaman perdana kedelai edamame oleh Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar, Senin 26 September 2022.

Baca Juga: Harga Kedelai di Pasar Dunia Alami Kenaikan, Terungkap Penyebabnya

Pj Bupati Batang Lani menyebut demplot tanaman kedelai edamame akan ditanam di lahan seluas 5 hektare. Namun penanamannya dilakukan secara bertahap.

Diperkirakan, kata Lani, setiap 1 hektar yang ditanam kedelai edamame bisa menghasilkan 8 ton setiap kali panen.

Diketahui penanaman kedelai edamame perlu dilakukan secara masif untuk menggenjot produksi kedelai di Kabupaten Batang. Lantaran kedelai termasuk komoditas pertanian yang dibutuhkan pasar domestik maupun ekspor. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Jokowi beberapa hari lalu tentang upaya Indonesia meningkatkan produksi kedelai.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 400 Miliar untuk Tingkatkan Produksi Kedelai

Lebih Lanjut Lani menyampaikan, kedelai edamame merupakan tanaman pangan yang cepat panen. Sehingga pemerintah mendorong banyak petani menanamnya guna menangani masalah inflasi. Selain itu, kedelai edamame juga sebagai makanan yang bisa mengatasi kasus stunting.

“Saya harap penanaman ini dimanfaatkan masyarakat khususnya Desa Tumbrep yang lahan pertaniannya sangat cocok seperti kedelai edamame, jagung, cabai dan sayuran lainnya yang cepat penen ditanam di pekarangan rumah warga,” ujarnya.

Untuk mendorong masyarakat giat menanam kedelai, pihak Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Batang menyediakan bibitnya secara cuma-cuma.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X