Kota Pekalongan Siap Launching Penerapan KTP Digital. Catat Waktunya

- Kamis, 22 September 2022 | 22:41 WIB
KTP Digital yang mulai diluncurkan  (Raden.MS/infosumsel.id)
KTP Digital yang mulai diluncurkan (Raden.MS/infosumsel.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kota. Pemerintah Kota Pekalongan akan menerapkan kartu tanda penduduk (KTP) digital mulai tahun ini. Perlu diinformasikan KTP digital yakni KTP dalam bentuk aplikasi di smartphone (ponsel pintar) yang dilengkapi QR Code.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid memastikan KTP digital berfungsi sama dengan KTP elektronik. Bedanya, KTP digital disimpan di gawai atau handphone, sedangkan KTP Elektronik dalam bentuk fisik.

Baca Juga: Soal Capres PDI Perjuangan, Begini Pesan Megawati untuk Semua Kadernya

Direncanakan peluncuran yang menandai penerapan KTP digital di Kota Pekalongan akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

"Rencana launching KTP Digital di Kota Pekalongan semula mau hari ini tetapi karena ada beberapa hal sehingga masih perlu ditunda," ujar HA Afzan Arslan dikutip Dikutip dari laman pekalongankota.go.id Kamis, 22 September 2022.

Aplikasi untuk mengakses KTP digital dapat diunduh di Google PlayStore. KTP digital dapat diakses dengan mengunduh aplikasi bernama "Identitas Kependudukan Digital".

Menyongsong penerapan KTP digital, kata Afzan Arslan, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi ke masyarakat secara luas.

Intinya, imbuhnya, bahwa KTP ini ke depan sudah tidak lagi berbentuk fisik, tetapi sudah ada yang berbentuk digital yang bisa tersimpan di Smarphone atau gawai masing-masing. KTP digital tidak serta merta menggantikan e-KTP fisik.

"Mudah-mudahan pada saat sosialisasi ke masyarakat maupun dilaunching bisa lancar, karena dengan KTP Digital ini bisa lebih memudahkan masyarakat dalam mengurus KTP maupun KK," ujarnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankota.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X