Rayakan Panen Padi, Ojek Gabah Batang Gelar Balap Motor di Sawah

- Senin, 19 September 2022 | 22:45 WIB
ojek gabah gelar balap motor / batangkab.goid
ojek gabah gelar balap motor / batangkab.goid

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Banyak cara untuk mengungkapkan rasa syukur atas panen padi yang melimpah. Salah satunya dengan menggelar balap sepeda motor yang diikuti puluhan tukang ojek gabah.

Arena balap melintasi lahan sawah bekas panen yang telah disulap dilengkapi garis kuning menunjukkan rute yang dilalui.

Begitu balap dimulai, para pembalap menggeber gas dan suara puluhan motorpun terdengar meraung-raung. Nampak para pembalap unjuk kemahiran. Meraka beradu kecepatan dan kelincahan mengendarai motornya.

Baca Juga: Sikapi Kekerasan di Pondok Pesantren, Begini Respon Kementerian Agama

Kegiatan itu berlangsung di tengah sawah dukuh Pungangan, Desa Tegalsari, kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Minggu 18 September 2022.

Salah seorang panitia lomba, Fatahun Risqon mengatakan, perlombaan ini diikuti sekitar 28 orang yang tergabung dalam Serikat Pekerja Pemuat Padi (SP3).

“Ini sebagai rasa syukur dan wujud kegembiraan kami dalam rangka panen raya pada tahun ini, pesertanya semua tukang ojek gabah yang mana mereka menjual jasa angkut gabah setiap panen,” ujar Fatahun.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa kendaraan yang dipakai untuk lomba merupakan motor yang selama ini digunakan untuk mengangkut gabah dan telah dimodifikasi seperti motor trail.

“Jadi motornya memang khusus untuk angkut gabah, motor bebek biasa yang dimodifikasi ban trail, shockbreaker dan mesinnya diperkuat juga diberikan ruang depan belakang untuk angkut gabah,” terangnya

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X