Terasi Mbak Siti Batang Tembus Malaysia dan Hongkong. Ini Rahasianya

- Sabtu, 10 September 2022 | 20:54 WIB
terasi mbak siti asal Ujung Negoro Batang berbahan baku udang rebon / jatengprov.go.id
terasi mbak siti asal Ujung Negoro Batang berbahan baku udang rebon / jatengprov.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Tentu kita tidak asing dengan terasi. Sambal tanpa terasi terasa hambar. Oleh karena itu kehadiran terasi menjadi wajib di setiap ulagan sambal. Sebab terasi itulah yang menambah kelezatan sambal. Terasi biasanya diproduksi oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM). Salah satunya Siti, warga Kecamatan Ujung Negoro Kabupaten Batang.

Dalam produksinya Siti melibatkan saudara atau keluarganya sebagai tenaga kerja. Proses pembuatannya dari penumbukan udang rebon hingga penjemuran.

Untuk menghasilkan terasi yang berkualitas Siti selalu menggunakan bahan baku pilihan yang diperoleh dari wilayah dekat Pantai Ujungnegoro.

Baca Juga: Sidak SPBU di Tol Batang, Gubernur Ganjar Malah Ingatkan Bayar PKB. Ini Penyebabnya

Setelah dijemus, proses pemotongan, oven hingga pengemasan dilakukan sendiri oleh Siti. Langkah itu dilakukan untuk memastikan terasi yang dihasilkan berstandar prima. Dalam proses itu, sekaligus Siti melakukan kegiatan quality control sehingga terasi yang kurang baik disisihkan. Dan hanya yang baik yang dijual ke konsumen. Dari langkah itulah, Siti menjamin terasi buatannya berkualitas prima.

Sebagaimana namanya, dia melabeli terasi ovennya dengan merek dagang Mbak Siti, dengan tagline Enaknya Sampai ke Hati. Harganya variatif tergantung ukuran.

Terkait pemasaran, Siti memanfaatkan media sosial instagram. Bahkan dirinya juga ikut program lapak ganjar.

Dikutip dari laman jatengprov.go.id, Siti mengakui setelah ikut promosi di lapak ganjar, omset penjualannya melonjak tiap bulannya.

“Omzet awalnya 100 atau 120 pieces per bulan. Sekarang hampir 500 pieces per bulannya usai ikut Lapak Ganjar,” tutur perempuan yang mengaku belajar membuat terasi dari orang tuanya.

Baca Juga: KPK: Bupati Pemalang Agung Diduga Terima Suap Jual Beli Jabatan

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X