Alun alun Kota Pekalongan Lengang dari Pedagang Kali Lima. Ini yang Terjadi

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:58 WIB
alun-alun kota Pekalongan terkini / pekalongankota.go.id
alun-alun kota Pekalongan terkini / pekalongankota.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kota. Saat ini suasana alun-alun Kota Pekalongan tampak bersih dan lengang dibanding waktu sebelumnya. Puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang biasanya menggelar dagangan di kawasan tersebut tak kelihatan. Usut punya usut, rupanya para pedagang itu sudah pindah ke Pasar Sugihwaras Kota Pekalongan.

Relokasi itu diikuti dengan penertiban yang dilakukan Petugas gabungan dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, dibantu TNI dan Polri pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Baca Juga: Alun-alun Kota Batang Dilengkapi Tank Tempur Buatan Rusia dan Dua Meriam

Dikutip dari laman pekalongankota.go.id selama penertiban, para petugas secara intens dan humanis mengimbau kepada para pedagang di kawasan tersebut agar tidak meninggalkan lapak maupun berjualan di kawasan alun-alun. Lalu meminta para pedagang kaki lima berpindah ke pasar Sugihwaras.

Selanjutnya alun-alun di Kota Batik tersebut akan dilakukan penataan kembali di sisi Selatan dalam waktu dekat ini.

Kasatpol PP Kota Pekalongan, Sriyana mengungkapkan bahwa, giat penertiban PKL hari ini merupakan tindaklanjut dari giat sehari sebelumnya adanya apel gabungan persiapan penertiban pedagang kaki lima di kawasan alun-alun Kota Pekalongan baik sektor fashion maupun kuliner yang direlokasi ke Pasar Sugihwaras tertanggal 10 Agustus 2022 ini.

"Sesuai dengan Surat Edaran Walikota Pekalongan bahwa, pada hari ini, tanggal 10 Agustus ini, PKL di wilayah alun-alun semua harus sudah direlokasi baik pedagang kuliner, fashion, termasuk juga pedagang eceran di pedestrian. Oleh karena itu, kami bersama aparat gabungan yakni Satpol PP, Dishub, TNI, Polri melakukan penertiban terhadap mereka," ucap Sriyana. 

Baca Juga: Berburu Aneka Ragam Takjil di Alun-alun Kedungwuni, Dijamin Kalap

Sriyana menjelaskan, berdasarkan Perda Nomor 30 Tahun 2011 mengenai Rencana Tata Ruang dan Wilayah Kota Pekalongan ini, alun-alun Kota Pekalongan menjadi pusat pengembangan kota sekaligus ruang publik dan terbuka hijau, akan kembali ditata rapih. Oleh karena itu, pedagang yang berjualan di kawasan tersebut dipindahkan ke Pasar Sugihwaras Jalan dr Cipto Kota Pekalongan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankota.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X