Tempat Pembuangan Sampah di Depan Lapas Batang Berubah Jadi Taman

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:54 WIB
TPS depan Lapas Batang jadi taman/ batangkab.go.id
TPS depan Lapas Batang jadi taman/ batangkab.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Tepi jalan di depan Lembaga Pemasarakatan (Lapas) Kelas IIB Batang telah berubah rupa.

Sebelumnya tempat itu berupa tempat pembuangan sampah (TPS) yang dipenuhi sampah busuk. Kini berubah menjadi taman hijau nan tertata yang bisa digunakan untuk olahraga.

Diketahui perubahan itu hasil koordinasi antara pihak Lapas dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan aparat desa setempat. Para pihak sepakat untuk menutup TPS tersebut dan mengubahnya menjadi taman dan sarana olahraga.

Baca Juga: Sepanjang Jalan di Sigandu Batang Berserakan Sampah, Akibat Kebiasaan Asal Buang

Kepala Lapas Kelas IIB Batang Rindra Wardhana mengatakan, pembuatan taman tersebut untuk menghentikan kebiasaan buang sampah di tempat itu.

“Jujur saja saya juga kasihan sama teman-teman pegawai, di situ ada rumah dinas, dekatnya ada sampah. Tentunya di waktu-waktu tertentu aroma busuk itu terbawa angin,” kata Rindra.

Taman itu dinamai taman akhlak dan diresmikan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, meresmikan Taman Berakhlak pada Sabtu, 6 Agustus 2022.

“Di sini kami lengkapi dengan fasilitas olahraga mini. Semua warga bisa memanfaatkannya untuk push up, sit up dan lainnya, agar badan lebih bugar serta menghilangkan stres,” ucapnya.

Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin mengapresiasi langkah tersebut karena bagian dari kreasi Kalapas bersama pegawainya, agar lingkungan lebih asri.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X