Anak Perusahaan PLN Bangun Jembatan Digital di Lebakbarang Pekalongan

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:45 WIB
peluncuran jembatan digital yang dibangun anak perusahaan PLN / pekalongankab.go.id
peluncuran jembatan digital yang dibangun anak perusahaan PLN / pekalongankab.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kajen. PT Indonesia Comnets Plus telah membangun jembatan digital di Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan. Perusahaan yang dikenal dengan nama Icon Plus itu merupakan anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang telekomonikasi.

Jembatan digital adalah jaringan internet berbasis kabel fiber optik yang menyambungkan  sejumlah titik dengan jaringan internet. Di Kecamatan Lebakbarang, ada beberapa fasilitas publik yang tersambung jembatan digital. Di antaranya 11 kantor desa, 1 kantor kecamatan, 1 puskesmas, dan 4 sekolah. Empat sekolah yang difasilitasi jaringan FO yaitu, SMP Negeri 1 Atap Bantarkulon, smk 1 Lebakbarang, SMP 1 Lebakbarang, SMP 1 atap Timbangsari. Antar titik itu disambungkan oleh kabel fiber optik sepanjang 51 kilometer. 

Baca Juga: Hasil Panen Tembakau di Kabupaten Boyolali Turun, Ini Penyebabnya

Jembatan digital tersebut saat ini sudah bisa gunakan setelah diluncurkan oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq di Balai Desa Lebakbarang, Kecamatan Lebakbarang.

Saat peluncurannya Rabu, 3 Agustus 2022, General Manager Icon Plus Semarang, Hendrik Permajaya mengatakan pihaknya melakukan pengembangan jaringan telekomunikasi dengan memanfaatkan tiang listrik yang tersebar hingga desa-desa.

“Dengan kelebihan penggunaan tiang-tiang PLN ini, Insya Allah kita bisa deliver kebutuhan di wilayah dengan kolaborasi yang akan kita lakukan nanti. Kami mampu menyebarluaskan jaringan telekomunikasi ke wilayah-wilayah yang sulit dijangkau, termasuk wilayah blank spot,” ujar Hendrik.

Dengan adanya jaringan internet, kata Hendrik, diharapkan efektivitas semakin bisa didapatkan dan produktivitas meningkat.

“Mudah-mudah dengan adanya jaringan telekomunikasi ini, bisa meningkatkan efektivitas kerja kita, produktivitas kita dan mencapai tatanan ekonomi yang lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga: Warga Perumahan di Kandeman Batang Pasang Bendera Super Panjang

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X