KKN di Jenggot, Mahasiswa IPB Kembangkan Layanan Kelurahan Berbasis Android

- Senin, 25 Juli 2022 | 09:38 WIB
Mahasiswa KKN IPB pengembang aplikasi layanan administrasi berbasis digital SIAPIK Jenggot/ istimewa
Mahasiswa KKN IPB pengembang aplikasi layanan administrasi berbasis digital SIAPIK Jenggot/ istimewa

 

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kota. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB University menciptakan inovasi teknologi SIAPIK Jenggot Kota Pekalongan yang berbasis android atau gawai.

SIAPIK Jenggot kependekan dari Sistem Informasi Administrasi Pelayanan dan Statistik Kelurahan Jenggot.

Pengembang SIAPIK Jenggot, Azka Al Azkiya menyampaikan aplikasi itu dirancang untuk mempermudah pelayanan administrasi surat-menyurat serta pengaduan dari masyarakat.

Keunggulannya dengan aplikasi SIAPIK, kata Azka, menyediakan fitur untuk pengaduan dan pengisian formulir yang dilakukan dengan gawai atau android masing-masing warga dari rumah secara daring. Lalu mengunggah berkas yang dibutuhkan dari gawai juga.

Baca Juga: Kota Pekalongan Targetkan Semua Lembaga PAUD Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Ini yang Dilakukan

Fitur pengajuan surat ini melayani empat tipe surat yaitu pengajuan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Kelahiran, dan Surat Kematian.

"Mereka tidak perlu datang antri ke kelurahan untuk mengisi formulir, ataupun mengajukan berkas, tetapi dengan mengakses link dari hp saja, bisa dari rumah mengentri datanya." tutur Azka.

Lebih lanjut Azka menjelaskan ketika entri permohonan sudah selesai, pihak kelurahan akan mencetakkan berkasnya dan bisa diambil ke kelurahan dalam waktu maksimal 1x24 jam (jika weekend, maka berkasnya bisa diambil Hari Senin atau pada saat jam kerja.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X