Kota Pekalongan Targetkan Semua Lembaga PAUD Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Ini yang Dilakukan

- Minggu, 24 Juli 2022 | 21:10 WIB
Workshop merdeka belajar PAUD Kota Pekalongan/ pekalongankota.go.id
Workshop merdeka belajar PAUD Kota Pekalongan/ pekalongankota.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kota. Kurikulum merdeka belajar untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sudah diberlakukan secara nasional. Pemerintah Kota Pekalongan menargetkan 165 lembaga PAUD di wilayahnya telah memberlakukannya pada tahun 2022.

Hal itu disampaikan Kepala bidang PAUD dan PNF Kota Pekalongan, Sherly Imanda Hidayah di acara workshop implementasi kurikulum merdeka bagi pendidik PAUD. Kegiatan yang berlangsung di ruang Amarta kantor Sekretariat Daerah, pada Sabtu, 23 Juli 2022 diikuti 165 lembaga PAUD formal dan nonformal.

"Untuk kegiatan hari ini 165 baik non formal dan formal yang mempunyai anak usia 5 sampai 6 tahun kita berikan pemahaman mengenai kurikulum merdeka, kita adakan selama dua hari, hari pertama kita awali dengan memberikan materi terkait perubahan kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka belajar dan dilanjutkan bagaimana penyusunan kurikulumnya," kata Sherly.

Baca Juga: Pawai Obor ASEAN Para Games Memasuki Kota Solo. Diarak di Kawasan Car Free Day

Lebih lanjut Sherly berharap, usai workshop, pendidik PAUD dapat menerapkan ilmu yg sudah diperoleh. Kemudian mampu memberikan stimulasi secara baik dan benar melalui pendekatan proyek, sehingga menghasilkan anak-anak yang lebih kreatif dan kritis untuk menyelesaikan masalah.

Adapun materi yang diberikan meliputi pengenalan terkait perubahan kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka dan bagaimana penyusunannya. Materi disampaiakan oleh praktisi PAUD sekaligus pengelolaan lembaga PAUD, SD, dan SMP di Purworejo, Sisilia Maryati.

Sementara itu, usai membuka workshop, Bunda PAUD Kota Pekalongan, Inggit Soraya menjelaskan konsep kurikulum merdeka, bukan berarti anak-anak tidak diberi aturan dalam proses belajar namun anak diberikan kebebasan lebih untuk memilih bakat dan cara belajar mereka. Terlebih kurikulum ini dianggap sangat sesuai diterapkan untuk jenjang PAUD, di mana mereka lebih nyaman bermain sambil belajar.

Baca Juga: Tips Hidup Sehat : Lima Buah yang Dapat Meredakan Sakit Maag. Bisa Dicoba

Menurut Inggit, pengenalan kurikulum merdeka tidak hanya dibutuhkan oleh pendidik namun juga orang tua. Pasalnya selama ini banyak dari orang tua keliru pemahamannya terkait PAUD. Letak kekeliruannya mereka menginginkan anak PAUD bisa mahir baca, tulis, hitung.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankota.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X