Pemkab Pekalongan Terapkan Penarikan Retribusi Berbasis Digital

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 21:16 WIB
Bimtek Retibusi nontunai Pemkab Pekalongan / pekalongankab.go.id
Bimtek Retibusi nontunai Pemkab Pekalongan / pekalongankab.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kajen. Selama ini penarikan retribusi di Kabupaten Pekalongan dilakukan dengan cara tunai. Setelah menyetorkan uang, pembayar akan menerima tiket secara manual. Transaksi seperti itu pada waktu mendatang akan ditiadakan kemudian berganti dengan pola bayar retribusi secara nontunai.

Hal itu dikemukakan Sekda Kabupaten Pekalongan, M. Yulian Akbar dalam Bimbingan Teknis (Bintek) Billing Center Implementasi Aplikasi Billing Center Retribusi Daerah Non Pasar, di Hotel Grand Dian, Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Kamis, 21 Juli 2022.

Menurutnya, penerapan sistem itu untuk menghindari terjadinya kebocoran dana retribusi.

Baca Juga: Penghafal Quran di Kabupaten Pekalongan Dapat THR, Ini Besarannya

Lebih jauh dia berharap nantinya semua transaksi dapat menjadi non tunai sehingga kebocoran-kebocoran dalam pengelolaan retribusi tidak terjadi lagi sehingga pendapatan daerah dapat dipungut secara optimal dan bisa semakin meningkat.

“Hasil yang ingin dicapai dalam pelaksanaan bintek hari ini adalah memudahkan pelayanan kepada masyarakat sebagai wajib retribusi dalam membayar retribusi kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan dengan menyetorkan secara nontunai ke rekening kas daerah, sehingga sudah tidak ada lagi transaksi tunai,” ujar Yulian Akbar.

Terkait sistem itu, lanjut Yulian, Pemkab Pekalongan telah membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) pada Tahun 2021.

“TP2DD memiliki tugas untuk membuat elektronifikasi transaksi pemerintah daerah menjadi semakin meningkat dengan berbagai aplikasi yang mendorong digitalisasi pada proses pelayanan publik yang dilakukan,” paparnya.

Baca Juga: Desa di Kecamatan Lebakbarang Pekalongan Sudah Tersambung Fiber Optik

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X