KKN di Jenggot Kota Pekalongan, Mahasiswa IPB Melakukan Hal Ini

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 22:21 WIB
logo ipb (Foto: masukptn/Instagram)
logo ipb (Foto: masukptn/Instagram)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Pekalongan. Perekonomian Kota Pekalongan lebih banyak ditopang oleh sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hampir semua kelurahan di daerah itu memiliki banyak pelaku UMKM. Salah satunya di Kelurahan Jenggot Kecamatan Pekalongan Selatan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekalongan tahun 2021, pelaku UMKM di Kelurahan Jenggot mencapai 344 unit usaha. Jumlah itu merupakan terbanyak  di Kecamatan Pekalongan Selatan.

Baca Juga: Jalan Penghubung di Kawasan Industri Terpadu Batang Sudah Dibangun. Ini Panjangnya

Banyaknya pelaku UMKM di Jenggot perlu diimbangi dengan peningkatan kemampuan manajemen yang memadai dan kualitas produk yang kompetitif.

Untuk mewujudkan hal itu tim Kuliah Kerja Nyata Tematis Institut Pertanian Bogor KKN-T IPB menggelar pelatihan bertajuk “Edukasi dan Pelatihan dalam Menaikkan Kelas Sektor UMKM”.

Kegiatan yang bertempat di Kantor Kelurahan Jenggot itu diikuti kaum perempuan. Mereka terdiri atas ibu-ibu pelaku UMKM, dan anggota UPPKA (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor) yang diprakarsai oleh BKKBN, UP2K - PKK (Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga).

tim KKN T IPB gelar pelatihan UMKM di Jenggot Kota Pekalongan / istimewa

Pelatihan yang berlangsung pada Kamis, 14 Juli 2022 itu diisi materi oleh dosen Ekonomi Syariah IPB Ranti Wiliasih MSi dan mahasiwa tim KKN IPB.

Ranti Wiliasih MSi menyampaikan materi tentang pencatatatan keuangan, marketing, dan sertifikasi halal. Sedangkan tim mahasiswa menyampaikan materi tentang managemen berbasis digital dan sertifikasi produksi.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X