Alun-alun Kota Batang Dilengkapi Tank Tempur Buatan Rusia dan Dua Meriam

- Jumat, 28 Januari 2022 | 17:38 WIB
Tank tempur buatan Rusia  di alun-alun Kota Batang (Batangkab.go.id)
Tank tempur buatan Rusia di alun-alun Kota Batang (Batangkab.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Kabupaten Batang mendapat hibah kendaraan tempur (ranpur) bekas berupa 1 tank dan 2 meriam dari Korps Marinir TNI AL.

Tank tersebut jenis PT 76 dibuat Rusia tahun 1961, dengan dimensi, panjang kendaraan7,20 m, panjang senjata 7, 20 m, lebar 3,14 m dan tinggi 2,37 m. 

Adapun dua meriam berjenis Howitzer 122 MM buatan tahun 1942, dengan dimensi : kaliber 121,92 mm, panjang laras 2.800 mm, tinggi 1.820 mm, lebar 1975 dan berat 2.500 kg. 

Baca Juga: Kabupaten Batang akan Punya Taman Syailendra di Kecamatan Wonotunggal

Ketiga alat tempur bekas itu didatangkan dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Surabaya lalu ditempatkan di alun-alun kota Batang.

Bupati Batang Wihaji menyampaikan, penempatan ranpur di alun-alun Batang merupakan saran dari sesepuh.

“Para sesepuh menyarankan ditempatkan di tempat yang berwibawa. Ya paling tepat di Alun-alun yang sekaligus menambah eatetika dan simbol perjuangan para prajurit TNI Angkatan Laut,” tutur Wihaji beberapa hari lalu.

Lebih lanjut Wihaji mengungkapkan, TNI AL menghibahkan ranpur bekas kepada Pemkab Batang dilatarbelakangi adanya sejarah perjuangan prajurit Korps Marinir yang gugur di perairan laut Batang dan di makamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kadilangu. 

Baca Juga: Bupati Wihaji : Pahlawan, Inspirasi Hadapi Kemiskinan dan Kebodohan

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X