Berdirinya KITB Sebabkan 837 Pekerja PTPN 9 Jadi Menganggur, Bagaimana Kelanjutan Nasibnya?

- Jumat, 21 Januari 2022 | 22:46 WIB
Bupati Batang Wihaji dan Direktur PTPN IX Dodik (batangkab.go.id)
Bupati Batang Wihaji dan Direktur PTPN IX Dodik (batangkab.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Berdirinya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) menyebabkan 837 pekerja PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 9 kehilangan pekerjaan. Pasalnya KITB tersebut mengalihfungsikan kebun karet seluas 4.300 hektar milik PTPN, sementara para pekerja tersebut hanya memiliki kompetensi di bidang kebun karet.

Kendati demikian, rencananya 837 orang eks karyawan PTPN itu akan diserap oleh industri yang berada di KITB. Untuk keperluan tersebut Direksi PTPN 9 mengikutsertakan mereka dalam pelatihan di Balai Latihan Kerja Kabupaten Pemalang.

Baca Juga: Antisipasi Dampak Negatif Atas Keberadaan KITB, MUI Batang Menggelar Halaqoh

Hal itu disampaikan Direktur PTPN 9 Dodik Risitiawan, usai penandatanganan MoU bersama Bupati Batang di Ruang Abirawa, Kantor, Kabupaten Batang, pada Kamis, 20 Januari 2022.

“Inikan beda industri tentunya beda kompetensi. Tujuan sinergi dengan Pemkab Batang untuk bisa menghantarkan eks pekerja PTPN 9 untuk dilatih kompetensinya agar bisa masuk dan terserap bisnis-bisnis baru di KITB. Dari 837 tenaga kerja semuanya itu warga Batang,” kata Dodik Risitiawan.

Lebih lanjut Dodik mengatakan, eks karyawan PTPN itu akan dilatih kompetensinya sesuai yang dibutuhkan bisnis baru di KITB.

“Oleh karena itu, melalui kerjsama ini nantinya mereka akan diikutkan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Batang sesuai kompetensi yang dibutuhkan di bisnis industri KITB,” jelasnya.

Prioritas tahap satu, lanjut dia, eks karyawan yang menjadi ujung tombak pemeliharaan taman PTPN 9, jumlahnya sekitar 837 orang. Itu semua terdampak di kawasan 4.300 hektar di KITB.

Di tempat yang sama, Bupati Batang Wihaji mengatakan, kerjasama Pemkab Batang dengan PTPN 9 sebagai upaya menyiapkan SDM untuk mendukung bisnis industri yang ada di KITB.

“Hadirnya KITB, warga Batang jangan jadi penonton tapi harus jadi pemain. Tapi pemain yang profesional, Maka Pemkab Batang dengan PTPN 9 bersinergi menyiapkan kompetensi SDM nya,” ujar Wihaji.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X