Antisipasi Dampak Negatif Atas Keberadaan KITB, MUI Batang Menggelar Halaqoh

- Minggu, 16 Januari 2022 | 22:49 WIB
Pengurus MUI Kabupaten Batang bersama Pimpinan Daerah Batang (Batangkab.go.id)
Pengurus MUI Kabupaten Batang bersama Pimpinan Daerah Batang (Batangkab.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Kehadiran Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dapat dipastikan akan memberikan dampak besar terhadap kehidupan masyarakat Kabupaten Batang. Selain dampak positif juga berpeluang timbulkan dampak negatif.

Menyadari akan hal itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Batang, menggelar Halaqah atau Diskusi yang bertemakan Mempersiapkan Generasi Masyarakat Kabupaten Batang dalam Menghadapi Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Kegiatan itu berlangsung di SMK Al Sya'iriyah Desa Plumbon, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Sabtu, 15 Januari 2022.

Baca Juga: Menggalih Potensi Makanan Alternatif, PDI P Tegal Gelar Festival Kuliner Pengganti Beras

Ketua MUI Kabupaten Batang KH Zainul Iroqi mengatakan, halaqoh digelar untuk mendiskusikan pembangunan dan kemajuan Kabupaten Batang pada masa mendatang setelah berdirinya KITB.

“Pentingnya ulama membahas tema ini dikarenakan, nantinya pembangunan KITB pasti akan memiliki dampak yang besar bagi masyarakat, salah satunya dampak negatif baik itu akhlak dan moral,” jelasnya.

Lebih lanjut, KH Zainul Iroqi menegaskan bahwa ulama punya tanggung jawab untuk mengantisipasi kemungkinan dampak negatif dengan keberadaan KITB. Menurutnya, ulama juga bertanggungjawab menanggulangi suatu dampak negatif di masyarakat dengan memperbaiki akhlak, moral, dan pola pikir masyarakat.

Baca Juga: Bupati Wihaji Dukung Wacana Pendirian Pondok Pesantren di Kawasan Industri Terpadu Batang

Di tempat yang sama, Bupati Batang Wihaji menyampaikan, KITB sudah menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) dari Pemerintah Pusat yang ada di Kabupaten Batang.

“Pada tahun 2024, KITB sudah mulai beroperasi, targetnya sebanyak 350 ribu tenaga kerja baru Kabupaten Batang akan dipekerjakan di KITB,” terangnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X