Sekitar 1.000 Calon Jamaah Umroh Asal Kota Pekalongan Antre untuk Diberangkatkan

- Selasa, 11 Januari 2022 | 22:40 WIB
H. Mundakir (Pekalongankota.go.id)
H. Mundakir (Pekalongankota.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kota. Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia telah memberangkatkan calon jamaah ibadah umroh ke Mekah mulai 8 Januari 2022.

Baca Juga: Angin Kencang di Pemalang Sebabkan Pohon Tumbang Menimpa Tiang Listrik, 14 Tiang ikut Roboh

Penyelenggaraan umrah tersebut menerapkan protokol kesehatan (prokes) baik di Tanah Air maupun di Arab Saudi dengan pola pemberangkatan satu pintu.

Kebijakan itu menjadi kabar gembira bagi calon jamaah ibadah umroh Indonesia, khususnya di Kota Pekalongan.

Berdasarkan data Kantor Kemenag Kota Pekalongan, calon jamaah umroh di kota batik itu sekitar 1.000 orang.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Pekalongan, H Mundakir SH mengatakan para calon jamaah umroh itu sudah mengantri karena pemberangkatannya tertunda akibat pandemi.

Lebih lanjut Mundakir menjelaskan para jamaah umroh wajib mengikuti karantina di tanah air maupun saat di Arab Saudi untuk mencegah penularan Covid-19.

“Untuk proses karantina juga dilakukan baik di Indonesia maupun sudah tiba di Arab Saudi. Kemudian, calon jemaah umroh juga perlu dilakukan vaksinasi booster ketika akan berangkat. Terkait pemberangkatannya juga melalui satu embarkasi yaitu di Bandara Soekarno Hatta karena untuk pelaksanaan karantinanya selama 4 hari,” ujar Mundakir pada Selasa, 11 Januari 2022.

Selanjutnya dia menuturkan semula direncanakan layanan ibadah umroh dimulai 23 Desember 2021, tetapi ditunda karena ada instruksi Presiden Jokowi yang melarang penerbangan ke luar negeri.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankota.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X