Jamaah Ibadah Umroh dari Kota Pekalongan Sudah Bisa Diberangkatkan

- Rabu, 1 Desember 2021 | 20:59 WIB
Mundakir, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Umroh Kemenag Kota Pekalongan (pekalongankota.go.id)
Mundakir, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Umroh Kemenag Kota Pekalongan (pekalongankota.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kota Pekalongan. Kabar gembira kepada Warga Kota Pekalongan yang akan menjalankan ibadah umroh. Dapat dipastikan niat ibadah umroh dapat dijalani dalam waktu dekat ini. Pasalnya, mulai 1 Desember 2021 Pemerintah Arab Saudi sudah membuka layanan ibadah Umroh. Kepastian itu disampaikan Mundakir, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Umroh Kemenag Kota Pekalongan, baru-baru ini.

"Menteri Agama telah menyampaikan bahwa Arab Saudi sudah mencabut larangan penerbangan dari Indonesia. Ini berlaku mulai besok Rabu, 1 Desember 2021," kata Mundakir.

Lebih lanjut Mundakir mengungkapkan jamaah umroh tidak lagi wajib telah mendapat booster (vaksin Covid-19 penguat). Meski demikian jamaah umroh tetap wajib mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menjalani karantina institusional selama lima hari.

"Kendati demikian kebijakan ini bisa juga berubah karena aturan dari Arab Saudi bisa berubah. Kemenag RI tengah menyiapkan strategi ibadah umrah, bagaimana persiapan, pelaksanaan, dan pemulangan jemaah," kata Mundakir.

Ia juga memastikan bahwa karantina di negara tujuan selama 14 hari tidak diberlakukan. Sekarang ini, kata Mundakir, sistemnya karantina selama 10 haru yang terbagi di tanah air 5 hari dan di Arab Saudi 5 hari. Adapun skrining, tes PCR, dan sertifikat vaksin tetap diterapkan.

Ditanya terkait biaya umroh, Mudakir menjawab, "Kaitannya dengan biaya umrah itu ada harga ada rupa, namun juga akan digodok agar tak terlalu memberatkan."***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankota.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X