Kabupaten Batang akan Punya Taman Syailendra di Kecamatan Wonotunggal

- Rabu, 1 Desember 2021 | 19:44 WIB
Patung Ganesha di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang (istimewa)
Patung Ganesha di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang (istimewa)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Pembangunan Taman Syailendra di Kabupaten Batang tetap berlanjut. Taman itu nantinya akan menggambarkan peradapan masa Syaelendra.Tentunya pembangunan itu menyesuaikan dengan anggaran hasil refocusing mengatasi pandemi Covid-19. Hal itu dikemukan Bupati Wihaji awal pekan ini.

Wihaji menyampaikan, pembangunannya harus jalan, tapi karena kemampuan keuangannya terbatas, dan diharapkan semua pihak memahaminya.

“Ya kita harus mengertilah, yang penting ada skala prioritas. Insyaallah akan selesai, tapi jika membahas wisata tidak akan pernah ada selesainya, minimal wujudnya sudah ada, masyarakat bisa menikmati, gambaran tentang peradaban Syailendra,” kata Wihaji di Aula Kantor Bupati Batang.

Selain itu Bupati Wihaji juga optimis program Heaven of Asia akan terwujud meskipun dengan tingkatan yang berbeda.

“Hidup itu mesti optimis dan yakin. Kalau kita tidak yakin, nanti Allah tidak akan memberikannya dan saya termasuk yakin, Insyaallah terlaksana, tetapi ada sedikit perbedaannya,” ujarnya.

Ia mengakui, ternyata tidak semua harapan bisa terpenuhi, tiba-tiba muncul Pandemi Covid-19. Tapi dia yakin bahwa Heaven of Asia ini akan tercapai.

Perlu diinformasikan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Batang menyiapkan anggaran Rp 2 miliar untuk pembangunan Taman Syailendra. Sarana wisata sejarah itu dibangun di Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal.

Lahan yang akan dibangun Taman Syailendra (batangkab.go.id)

Pembangunan Taman Syaelendra hasil kerja sama antara Kabupaten Batang dengan PT Perhutani dan Balai Arkeologi Yogyakarta. PT Perhutani sudah menyediakan lahan untuk dibangun Taman Syailendra. Sedangkan Balai Arkeologi membantu informasi arkeolgis terkait peninggalan Syailendra.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X