Bupati Batang akan Bedah Rumah Tidak Layak Huni di Desa Selopajang Timur

- Rabu, 1 Desember 2021 | 18:56 WIB
Bupati Wihaji mengunjungi rumah tidak layak huni Turyati (batangkab.go.id)
Bupati Wihaji mengunjungi rumah tidak layak huni Turyati (batangkab.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Bupati Batang Wihaji mengunjungi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Turyati (60) warga Desa Selopajang Timur Kecamatan Blado. Kunjungan itu merespon dari laporan layanan Curhat Wihaji.

Kondisi rumah Turyati sudah memprihatinkan. Dinding yang terbuat papan dan triplek sudah lapuk dimakan usia dan berlubang. Adapun sebagian besar atapnya sudah bocor jika hujan. Rumah itu dihuni lima orang yang terdiri atas Turyati, satu anak perempuan, dan tiga orang cucu.

Turyati mengaku saat ini dirinya tidak bekerja. Penghidupannyaa hanya mengandalkan bantuan beras miskin atau belah kasihan tetangga. Selain itu kadang dibantu oleh anak ketiganya yang jualan pakaian lewat online.

Usai melihat rumah Turyati Bupati Wihaji mengungkapkan, “Pada tilik warga kali ini saya mengecek semua sudut rumahnya, sangat memprihatikan dan tidak layak huni. Sampai beliau mengungsi ditempat tetangganya.'

kemudian Wihaji memastikan beberapa minggu lagi Pemerintah Kabupaten Batang akan merehab RTLH milik Turyati yang dikerjakan secara keroyokan agar sehari jadi.

“Program bedah rumah ini akan dilakukan bersama masyarakat setempat yang ternyata juga sudah bekerjasama membantu membeli material bangunan. Nanti yang mengerjakan untuk pembangunan rumah ini para kepala bidang di semua dinas Pemkab Batang,” kata Wihaji pada Selasa, 30 November 2021.

Berkaitan dengan anak ketiga Turyati yang ditinggal begitu saja oleh suaminya. Karena dia punya kemampuan jualan online akan kita pertemukan dengan orang yang ahli dalam marketing digital.

“Kebutuhannya apa saja bakal dicarikan solusi. Ibunya beliau yang penting sehat, yang kami selamatkan anak-anaknya. Itu yang lebih penting. Masih punya masa depan, masih muda,” ujarnya.***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X