Sebanyak 77 Kelompok Perempuan Perebutkan Rp 600 Juta dalam Lomba Inovasi di Batang

- Sabtu, 13 November 2021 | 18:36 WIB
Kelompok Perempuan Nominator sedang memaparkan inovasinya di depan yuri (Batangkab.go.id)
Kelompok Perempuan Nominator sedang memaparkan inovasinya di depan yuri (Batangkab.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN.Batang. Sebanyak 77 kelompok perempuan dari desa / kelurahan hadir di Kota Batang untuk unjuk gigi. Tetapi bukan demo melainkan memaparkan inovasinya di depan Dewan Yuri lomba pada 9 sampai 24 November 2021.

Mereka adalah nominator Lomba Inovasi Perencanaan Peningkatan Ekonomi Desa/Kelurahan, Berbasis Pemberdayaan Perempuan.

Tersedia hadiah hingga Rp 600 juta yang disediakan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) selaku penyelenggara lomba.

Perlu diinformasikan waktu lalu lomba itu terbuka untuk 249 desa di Batang. Lomba boleh diikuti Kelompok Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan, Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Badan Usaha Milik Desa.

Kemudian saat pendaftaran ada 128 kelompok dari 102 desa yang mengajukan diri. Namun setelah diverifikasi, mengerucut 77 kelompok yang layak menjadi nominator.

Ragam inovasi yang dilombakan yakni ekonomi kreatif, pariwisata, perikanan kelautan, agrobisnis, maupun kolaborasi dari empat cabang tersebut.

Para nominator itulah yang melakukan pemaparan program di depan yuri pada 9 sampai dengan 24 November 2021.

Ada 3 pemenang dari lomba itu yang akan mendapatkan dana stimulan, yakni kategori emas sebesar Rp 300 juta, perak Rp 200 juta dan perunggu Rp100 juta.

Selain itu ketiganya akan mendapat pembekalan dari dinas terkait dengan melibatkan para praktisi. Hal itu disampaikan Kepala Bappelitbang Batang Ari Yudianto di ruang kerjanya pada Jumat, 12 November 2021.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Terkini

X