Kelurahan Klego Wakili Kota Pekalongan Ikuti Lomba UP2K Jateng

- Rabu, 10 November 2021 | 16:41 WIB
Ketua TP Kota Pekalongan dampingi tim Klego ikuti Lomba (pekalongankota.go.id)
Ketua TP Kota Pekalongan dampingi tim Klego ikuti Lomba (pekalongankota.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Kota Pekalongan. Kelompok Khusus Barokah Jaya dan Kelompok Pelaksana Teratai Kelurahan Klego, Kecamatan Pekalongan Timur mewakili Kota Pekalongan mengikuti Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021.

Mereka memaparkan kegiatannya secara Daring di hadapan Juri Lomba UP2K Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021. Kegiatan itu berlangsung di Ruang Satgas Covid-19 Kota Pekalongan, Rabu, 10 November 2021.

Ketua Kelompok Khusus Barokah Jaya UP2K Kelurahan Klego, Mubarok mengungkapkan UP2K Kelurahan Klego dibentuk untuk merespon keluhan ibu-ibu PKK yang tidak punya modal untuk memulai usaha.

Kemudian mereka membentuk usaha-usaha yang berupa industri rumah tangga, jasa, simpan pinjam, dagang, kerajinan, makanan, dan minuman.

Usaha-usaha tersebut dikelola oleh 3 kelompok khusus. Ketiganya antara lain kelompok khusus Teratai 1 di bidang kerajinan, kelompok khusus Teratai 2 di bidang jasa, dan kelompok khusus Teratai 3 di bidang makanan.

“Selanjutnya, kami mendapat pembinaan dari dinas terkait, baik dari Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Koperasi-UKM, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian dan Pangan, dan dinas yang terkait lainnya” tutur Mubarokah.

Menurut Mubarok, modal awal kelompok UP2K PKK berasal dari kas PKK yang tersisa pada saat tutup tahun, ditambah simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpan sukarela dari anggota.

”Modal awal yang didapat itu dikelola oleh para anggota. Ditengah pandemi Covid-19 di Kota Pekalongan,progress modal UP2K PKK dari tahun 2019 sampai tahun 2021 ini naik, dimana 2019 modal yang bergulir sebesar Rp. 2.714.000,00. Kemudian, di tahun 2020 naik kembali menjadi Rp. 4.121.500,00 dan terakhir pada bulan Oktober 2021 ini mencapai Rp. 5.395.000,00. Dengan peningkatan modal ini tentunya sangat mempengaruhi kesejahteraan tiap anggota,” paparnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kelompok Khusus Barokah Jaya dan Kelompok Pelaksana Teratai Kelurahan Klego juga menampilkan produk yang sudah berhasil dijual sampai saat ini dan sudah mendapat ijin usaha.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pekalongankota.go.id

Tags

Terkini

X