BPBD Kabupaten Batang Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana Alam

- Jumat, 5 November 2021 | 21:46 WIB
Bupati Wihaji Pimpin Apel Gelar Pasukan BPBD (Batangkab.go.id)
Bupati Wihaji Pimpin Apel Gelar Pasukan BPBD (Batangkab.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang melaksanakan apel gelar pasukan pada Jumat, 5 November 2021 di Jalan Veteran Batang.

Apel yang dipimpin oleh Bupati Batang Wihaji itu diikuti oleh unsur Polres Batang, Kodim 0736 Batang, BPBD Batang, PSC 119 Dinkes Batang dan relawan.Hadir dalam apel itu Kapolres Batang dan Dandim Batang. Apel Gelar Pasukan BPBD itu dalam rangka persiapan antisipasi menghadapi bencana alam di Batang.

“Setiap ada apel gelar pasukan penanggulangan bencana agak dag dig dug hati saya, karena jangan sampai setelah ada apel ini terus ada bencana. Tetapi saya meyakini hal ini menjadi kesiagaan kita dari seluruh unsur TNI, Polri, dan Pemerintah daerah termasuk relawan untuk siaga jika ada kejadian kebencanaan,” ucap Bupati Batang Wihaji.

Lebih lanjut Wihaji mengungkapkan, Kabupaten Batang memiliki sejumlah titik yang hampir setiap tahun terkena bencana, seperti di wilayah utara, tadi malam sudah mengalami rob. Sedangkan di wilayah selatan ada beberapa titik yang rawan bencana seperti di Blado dan Bawang yang memang secara struktur geologinya punya kecenderungan untuk longsor.

“Ada titik lain di wilayah timur yang sudah dimitigasi oleh pihak BPBD Kabupaten Batang ada potensi-potensi bencana makanya kita harus siap,” kata Wihaji.

Kemudian Wihaji berharap apel pagi hari ini mejadi semangat baru untuk siap dan siaga jika ada bencana khususnya di titik-titik rawan di Kabupaten Batang.

“Tentu saya selalu berdoa setelah apel ini semoga pasukan penanggulangan bencana agar tidak bekerja alias tidak ada kejadian bencana di Kabupaten Batang ini. Saya meyakini jika kita bersahabat dengan alam maka sebaliknya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi mengatakan, gelar apel pasukan dilakukan untuk mempersiapkan kesiagaan tim dalam mitigasi sekaligus penanganan bencana.

“Ada sembilan titik yang punya potensi bencana di Kabupaten Batang di antaranya banjir, banjir bandang, cuaca ektrim, gempa bumi, gelombang ekstrim, kebakaran hutan, kekeringan, letusan gunung api, dan tanah longsor,” terangnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X