Pemkab Batang Serahkan Bantuan Pendidikan senilai Rp 389 Juta kepada Mahasiswa dan Pelajar SLTA

- Senin, 1 November 2021 | 23:06 WIB
penyeraahan bantuan pendidikan dari Pemkab Batang (Batangkab.go.id)
penyeraahan bantuan pendidikan dari Pemkab Batang (Batangkab.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Batang. Pemerintah Kabupaten Batang menggelondoran bantuan pendidikan sebesar Rp 389 juta kepada para pelajar dan mahasiswa pada Rabu, 27 Oktober 2021 di Pendopo Kabupaten Batang.

Bantuan biaya pendidikan itu diserahkan Bupati Wihaji kepada 12 calon mahasiswa, 40 mahasiswa, dan 59 siswa SLTA.

Para penerima bantuan itu merupakan pelajar berprestasi tapi dari keluarga kurang mampu. Bantuan itu bertujuan untuk  meringankan beban pelajar. Untuk mahasiswa bantuan diperuntukkan memenuhii kebutuhan penyusunan skripsi.

“Bantuan yang diberikan hari ini memang belum banyak, tetapi upaya Pemerintah daerah untuk memperhatikan pendidikan di Kabupaten Batang, meskipun bantuan biaya pendidikan ini tidak hanya untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan sesaat,” kata Bupati Batang Wihaji saat penyerahan bantuan biaya pendidikan. 


Lebih lanjut Wihaji berharap para penerima bantuan ini dapat mempertahankan prestasinya, terutama para mahasiswa agar dapat mempertahankan IPK 3,7.

Pemkab Batang tahun ini menyediakan bantuan biaya pendidikan hingga Rp 1 milyar. Rencananya tahun depannya besarannya akan ditingkatkan. Selain itu di waktu mendatang, program bantuan pendidikan akan melibatkan pihak swasta melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang Achmad Taufiq mengatakan, bantuan biaya pendidikan ditentukan berdasarkan prestasi yang dimilikinya. Oleh karena itu nominal masing-masing penerima berbeda-beda.

Bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada 59 pelajar SLTA sebesar Rp1.000.000 peranak. Sedangkan 40 mahasiswa dan 12 calon mahasiswa menerima maksimal Rp 10 juta perorang dan minimal Rp 4 juta perorang sesuai prestasi yang mereka punya.

“Syarat penerima bantuan biaya pendidikan ini yang harus terpenuhi hanya yang berprestasi dan keluarga yang kurang mampu. Jadi bantuan yang dikeluarkan sekarang Rp389 juta dan untuk tahun 2022 direncanakan Rp600 juta,” ujar Achmad Taufik.***

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X