Bupati Wihaji Dukung Wacana Pendirian Pondok Pesantren di Kawasan Industri Terpadu Batang

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:58 WIB
Bupati Batang Wihaji menjadi inspektur Upacara Hari Santri Nasional (batangkab.go.id)
Bupati Batang Wihaji menjadi inspektur Upacara Hari Santri Nasional (batangkab.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN- Batang. Mengemuka wacana di Kawasan Industri Terpadu Batang akan berdiri Pondok Pesantren. Menanggapi wacana itu Bupati Batang Wihaji menyatakan dukungannya.

Bupati Wihaji yakin keberadaan Pondok pesantren (Ponpes) akan memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat di sekitarnya.

“Selama itu membawa keberkahan kami menyambut baik. Kalaupun nantinya akan dibangun Ponpes di sana, tidak mengapa karena sebelumnya telah ada yang dibangun di sekitarnya,”ujar Wihaji, usai Upacara Hari Santri Nasional, di halaman Pendopo, Kabupaten Batang, Jumat, 22 Oktober 2021.

Wihaji yakin para santri memiliki rasa nasionalisme yang tinggi sebab dalam tradisi Pondok Pesantren, para santri selalu dididik oleh kyai tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Penambahan kurikulum di Ponpes khusus di KIT Batang itu tergantung kreativitasnya, karena pendidikan yang diajarkan lebih mengedepankan keagamaan seperti akidah dan akhlak. Apabila nanti akan menambah keahlian, itu bagian dari inovasi masing-masing Ponpes,” imbuhnya.

Dukungan juga datang dari Kepala Kantor Kemenag Batang, M. Aqsho. Menurut Aqsho, wacana pembangunan Ponpes di lingkungan sekitar KIT Batang harus didukung.

“Tentu ini sangat sinergi untuk mengimbangi antara kemajuan fisik dan religius. Kekuatan iman juga harus ditingkatkan melalui para santri,” ucap Aqsho.

Sementara itu, dalam rangka Hari Santri Nasional, Aqsho menginformasikan bahwa Kanwil Kemenag Jateng memberikan bantuan untuk memotivasi para santri agar semakin kuat imunitasnya dalam menghadapi pandemi Covid-19, yang diberikan kepada empat Ponpes.***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X