Kabupaten Pemalang Meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:16 WIB
Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo (pemalangkab.go.id)
Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo (pemalangkab.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Pemalang. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang. Tahun ini Pemalang meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori Madya.

Penghargaan itu diberikan lantaran Pemerintah Kabupaten Pemalang dinilai berhasil menerapkan kebijakan yang memperhatikan Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan.

Penghargaan APE itu diterima secara daring oleh Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Pemalang Slamet Masduki.

Slamet Masduki mewakili Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo menerima penghargaan itu di Commandroom Diskominfo Pemalang, pada acara Side event AseanMinisterial Meeting on Woman (AMMW) yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Slamet Masduki menjelaskan, penghargaan APE diberikan kepada Kementerian/Lembaga, Provinsi dan Kabupaten/Kota atas komitmen dan integritasnya dalam pelaksanaan pembangunan yang mengintegrasikan kebutuhan, aspirasi dan permasalahan perempuan dan laki–laki. Di samping itu, pembangunan di Pemalang dinilai sudah memperhatikan masyarakat rentan antara lain anak, difabel, lansia, masyarakat miskin, dan lain-lain. Seluruh proses pembangunan itu sudah melibatkan partisipasi masyarakat dengan memberdayakan masyarakat mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan monev. 

Adapun indikator dari penilaian APE meliputi 7 prasyarat PengarusutamaanGender (PUG) yaitu komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, alat/tool, data gender dan partisipasi masyarakat serta pelaksanaan perencanaan dan penganggaran yang responsif gender.

“Penilaian APE dilaksanakan setiap 2 tahun sekali yaitu pada tahun genap dan pada tahun 2020 evaluasi APE dilaksanakan pada tahun 2021 dikarenakan adanya pandemi C0V1d 19″, kata Slamet Masduki.***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: pemalangkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X