Di Batang, 4.500 Pedagang Kaki Lima dan Warung Kecil Mendapat Bantuan Modal Usaha

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:22 WIB
Penyerahan bantuan modal usaha kepada pedagang kecil dan warung (berita.batangkab.go.id)
Penyerahan bantuan modal usaha kepada pedagang kecil dan warung (berita.batangkab.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Batang. Baru-baru ini, sebanyak 4.500 pedagang dan warung kecil di Batang menerima bantuan modal usaha dari pemerintah pusat telah. Bantuan tersebut dibagikan oleh Kodim 0736/Batang dan Polres Batang.

Dandim 0736 Batang, Letkol Arh Yan Eka Putra mengatakan, bantuan itu merupakan program dari Menko Perekonomian yang telah dicanangkan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada 8 Oktober lalu. Masing-masing pelaku usaha kecil menerima bantuan usaha sebesar Rp1,2 juta.

Melalui bantuan itu Yan Eka Putra berharap, para pedagang kecil terbantu untuk terus menjalankan usahanya pada masa pandemi ini. Dia juga memastikan, pembagian bantuan itu tepat sasaran karena berdasarkan hasil pendataan dari Babinsa tiap-tiap koramil.

“Itu karena Babinsa yang betul-betul memahami individu yang membutuhkan bantuan. Rencananya proses pembagian akan berlangsung selama 14 hari dan tiap Koramil mendampingi warga desa binaannya." Katanya usai menyerahkan bantuan kepada
perwakilan pedagang, di halaman Makodim Batang, Kabupaten Batang, Selasa (12/10/2021).

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Batang, Suyono juga turut memastikan pembagian bantuan tersebut sesuai target sasaran. Lebih lanjut Suyono menjelaskan, tujuan bantuan usaha tersebut sebagai upaya pemulihan perekonomian.

Selain itu ia juga menghimbau untuk para penerima bantuan untuk mempergunakan apa yang telah didapat sesuai dengan tanggung jawabnya, yaitu sebagai modal usaha. Jika begitu maka perekonomian Nasional dapat berkembang sesuai target 7%.

“Ada yang mengawasi dari Kejaksaan, Kepolisian. Nanti mereka akan dipantau, benar-benar untuk belanja atau tidak, ketika tidak tentu ada teguran,” tegasnya.

Tak sampai situ, wakil Bupati Batang menjelaskan, uang bantuan tersebut didapatkan dari pajak seluruh masyarakat Indonesia, bukan dari hutang negara. Untuk itu para penerima bantuan hendaknya dapat bekerja sama untuk membantu mengembalikan perekonomian nasional ini dengan cara bersungguh-sungguh dalam melakukan pengembangan usahanya.***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: batangkab.go.id

Tags

Terkini

X