Pemkab Batang Membuka Layanan Bank Sampah di Kantor Pemerintah, Para ASN Mulai Memilah Sampah Daur Ulang

- Senin, 11 Oktober 2021 | 06:25 WIB
Pendopo Kabupaten Batang (dok.Humas Pemkab Batang)
Pendopo Kabupaten Batang (dok.Humas Pemkab Batang)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Batang. Sampah merupakan salah satu permasalahan penting yang harus diatasi. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Batang membuka layanan bank sampah pada kantor-kantor pemerintah yang merupakan basis kegiatan Aparatur Sipil Negara (ASN). Bank Bank sampah yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batang itu dinamai Bank Sampah Uwuh Makmur.

Adanya layanan bank sampah itu, harapannya ASN mau memilah sampah-sampah yang akan dibuang, terutama sampah-sampah yang masih bisa didaur ulang seperti plastik dan kardus-kardus bekas. Selain dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, program ini juga dinilai sangat menguntungkan. Hal itu disampaikan epala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, DLH Kabupaten Batang, Suyaini.

Lebih lanjut Suyaini, menjelaskan, setiap jenis sampah anorganik dapat ditukarkan dengan nominal antara Rp500 hingga Rp2.000 per kilogram. Rinciannya, sampah berupa kardus dihargai Rp1.500-Rp2.000 per kilogram, kertas Rp2.000 per kilogram, botol plastic Rp1.000 per kilogram, dan botol kaca Rp500 per kilogram.

Suyaini juga berharap adanya program ini dapat membantu mengurangi sampah-sampah yang ada di gedung-gedung instansi Pemerintah Kabupaten Batang. Pemilihan sampah dilakukan untuk mempermudah proses daur ulang nantinya.

Salah seorang ASN Pemkab Batang, Taufik Nurrochman mengapresiasi terhadap program bank sampah tersebut. Bagi Taufik bank Sampak tak hanya menguntungkan dari sisi ekonomi, tetapi juga pemeliharaan lingkungan kantor  menjadi tetap bersih dan sehat.***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Terkini

X