Sarung Goyor Pemalang Tembus Pasar Luar Negeri, sering diekspor ke Yaman

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 14:57 WIB
Sarung Goyong ATBM Pemalang (Tangkapan Layar You Tube)
Sarung Goyong ATBM Pemalang (Tangkapan Layar You Tube)

 

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Semarang. Pulosari adalah kecamatan di Kabupaten Pemalang yang berada di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian 1600 meter dpal.

Ternyata di balik ketenangan dan kesejukannya terdapat sentra industri UMKM yang berorientasi ekspor. Sarung Goyor, itulah produk unggulan Pulosari yang telah tembus pasar luar negeri.

Sarung Goyor yang diproduksi dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) itu sudah merambah pasar Timur Tengah, salah satunya Yaman. Bahkan dari total jumlah produksi sarung Goyor yg dihasilkan oleh home industry di Pulosari itu lebih banyak yang diekpor daripada yg dijual di pasar domestik.

Fakta itu mengemuka, dari dialog antara Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan penjaga stand pameran produk UMKM Pemalang di Semarang kemarin.

Di video chanel Ganjar Pranowo itu, nampak Ma'ruf Amin kagum dengan informasi tentang sarung Goyor Pulosari itu. Di sela-sela dialog, Gubernur Ganjar Pranowo sempat mempromosikan sarung goyor kepada Ma'ruf Amin.

"Nah ini sarungnya buat pak Wapres pas ini," kata Ganjar bernada canda.

Ganjar Pranowo dampingi Ma'ruf Amin kunjungi stand UMKM Pemalang (Tangkapan Layar You Tube)

Selain sarung Goyor, pulosari juga penghasil sirup dari nanas yg dilabeli Vitanas dan kopi pulosari yang laris di pasaran.

Pameran itu masih serangkaian dengan program percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah. Kabupaten Pemalang termasuk sasaran program bersama Brebes, Banyumas, Kebumen dan Banjarnegara.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

X