MTs Walisongo Ulujami Selenggarakan Kelas Unggulan Tahfidz Al Quran dan Bahasa Inggris

- Selasa, 28 September 2021 | 08:21 WIB
MTs Walisongo Ulujami Kabupaten Pemalang
MTs Walisongo Ulujami Kabupaten Pemalang

Suaramerdeka-pekalongan  Banyak lembaga sekolah yang membuka kelas unggulan bagi sebagian siswanya untuk meningkatkan kualitas anak didiknya. MTs Walisongo Ulujami salah satunya.

Menurut Wakil Kepala MTs Walisongo Ulujami, Achmad Hibatullah MPd, kelas unggulan di sekolahnya menekankan pada pola penanganan siswanya yang secara unggul. Praksisnya, kelas unggulan mencetak siswa yang biasa-biasa saja lalu dididik secara unggul sehingga menjadi lulusan yang memiliki prestasi unggul.

"Unggulan di sini bukan berarti kelas tersebut di isi siswa-siswa pandai atau kumpulan siswa pandai, tetapi unggul dalam penanganannya. Kelas unggulan berasal dari siswa biasa-biasa saja, tidak pandai-pandai amat. Maka setiap anak boleh masuk kelas unggulan asal punya minat besar. Jadi yang menentukan bisa masuk kelas unggulan adalah minat besar, bukan pintar. Dengan minat tersebut, kemudian kami mengelolanya secara unggul,"papar Achmad Hibatullah yang akrab dipanggil Ibat.

Lebih lanjut Ibat menegaskan, kelas unggulan di MTs Walisongo Ulujami merupakan penanganan siswa yang unggul, sehingga siswa biasa dapat menjadi siswa berprestasi.

Saat ini MTs yang berada di kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang itu memiliki 3 rombongan belajar berkategori kelas unggulan. Ketiganya berasal dari masing-masing angkatan yakni kelas 7, kelas 8, dan kelas 9. Siswa di kelas unggulan tersebut akan memiliki kemampuan tambahan yaitu Hafid Alquran dan keterampilan berbahasa Inggris.

"Untuk proses tahfid Alquran diasuh oleh 9 ustadz hafid dari daerah sekitar MTs Walisongo Ulujami, sedangkan pelatihan bahasa inggris ditangani lembaga kursus English Center Vocation dari Pekalongan. Dari kegiatan itu targetnya, siswa unggulan minimal dapat hafal 3 juz Al Quran, yang sekaligus terampil berbahasa Inggris,"ucap Ibat.

Kelas unggulan MTs Walisongo sudah berlangsung 7 tahun. Para alumni kelas unggulan sebagian melanjutkan di pondok pesantren tahfid Alquran dan sebagian lagi lembaga pendidikan terkemuka.Di lembaga pendidikan lanjutan itu prestasi para alumni menonjol.***

 

Editor: Haryoto Bramantyo

Tags

Terkini

X